7 Oleh-oleh Haji yang Bisa Dibeli di Tanah Abang

Kompas.com - 22/08/2019, 14:00 WIB
Salah satu toko cemilan khas Arab Saudi yang bisa kamu temui di Pasar Tanah Abang Albert SupargoSalah satu toko cemilan khas Arab Saudi yang bisa kamu temui di Pasar Tanah Abang

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim haji telah usai, sebentar lagi para jamaah Haji akan pulang ke negara tercinta. Biasanya sebagai rasa syukur, para jamaah akan membawa oleh-oleh khas Tanah Suci ke teman dan kerabat. Cemilan- cemilan kecil menjadi oleh-oleh paling favorit para jamaah haji.

Berikut KompasTravel, merangkum 7 oleh-oleh haji yang bisa dibeli di Tanah Abang.

1. Cokelat Batu

Cokelat jenis ini dapat kamu temui dengan mudah di jalan-jalan Makkah maupun Madinah. Walau namanya batu, bukan berarti cokelat ini keras. Cokelat ini lembut didalam saat digigit.

Selain di Arab Saudi, kamu bisa menemukan coklat ini di beberapa toko oleh-oleh haji, salah satunya di daerah Pasar Tanah Abang. Disini, coklat batu dibandrol dengan harga Rp20.000-Rp60.000 per 100 gram.

KismisDoc. Pixabay/Emilian Robert Vicol Kismis

2. Kismis

Merupakan hasil fermentasi dari anggur, kismis lumrah kamu temukan di jalan-jalan Arab Saudi. Rasanya yang manis bercampur kecut, menjadikan cemilan ini favorit orang Arab Saudi.

Di Pasar Tanah Abang, kamu bisa menemukan camilan ini di beberapa toko oleh-oleh haji. Harga yang diberi berada dikisaran Rp50.000-Rp.120.000 per kilogram.

3. Kacang Arab

Kacang satu menjadi andalan oleh-oleh khas Arab Saudi. Rasanya yang gurih dan renyah membuat cemilan ini teman yang baik saat bersantai. Kamu bisa menemukan camilan ini di jalan besar di Mekkah dan Madinah.

Pasar Tanah Abang juga menjual jenis kacang ini. Para pedangang membandrol harga kacang ini, mulai dari Rp50.000-Rp200.000 / kilogram (kg).

4. Malban

Khas dari Timur Tengah, makanan ini menjadi cemilan manis favorit khas Tanah Suci. Camilan ini menyerupai jeli buah yang dibuat dengan molase anggur dikentalkan dan dibumbui oleh air mawar.

Cemilan satu ini akan terasa manis di dalam dengan sedikit rasa asam.

5. Maamoul

Cemilan satu ini menjadi oleh-oleh manis andalan para jammah Haji. Pada dasarnya, cemilan ini merupakan kurma yang dibalut dengan kue renyah layaknya biskuit.

Hal ini, membuat rasa renyah nan lembut dibagian luarnya dan manis buah kurma di dalamnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X