Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Oleh-oleh Haji yang Bisa Dibeli di Tanah Abang

Kompas.com - 22/08/2019, 14:00 WIB
Albert Supargo,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim haji telah usai, sebentar lagi para jamaah Haji akan pulang ke negara tercinta. Biasanya sebagai rasa syukur, para jamaah akan membawa oleh-oleh khas Tanah Suci ke teman dan kerabat. Cemilan-cemilan kecil menjadi oleh-oleh paling favorit para jamaah haji.

Berikut KompasTravel, merangkum 7 oleh-oleh haji yang bisa dibeli di Tanah Abang.

1. Cokelat Batu

Cokelat jenis ini dapat kamu temui dengan mudah di jalan-jalan Makkah maupun Madinah. Walau namanya batu, bukan berarti cokelat ini keras. Cokelat ini lembut didalam saat digigit.

Selain di Arab Saudi, kamu bisa menemukan coklat ini di beberapa toko oleh-oleh haji, salah satunya di daerah Pasar Tanah Abang. Disini, coklat batu dibandrol dengan harga Rp20.000-Rp60.000 per 100 gram.

KismisDoc. Pixabay/Emilian Robert Vicol Kismis

2. Kismis

Merupakan hasil fermentasi dari anggur, kismis lumrah kamu temukan di jalan-jalan Arab Saudi. Rasanya yang manis bercampur kecut, menjadikan cemilan ini favorit orang Arab Saudi.

Di Pasar Tanah Abang, kamu bisa menemukan camilan ini di beberapa toko oleh-oleh haji. Harga yang diberi berada dikisaran Rp50.000-Rp.120.000 per kilogram.

3. Kacang Arab

Kacang satu menjadi andalan oleh-oleh khas Arab Saudi. Rasanya yang gurih dan renyah membuat cemilan ini teman yang baik saat bersantai. Kamu bisa menemukan camilan ini di jalan besar di Mekkah dan Madinah.

Pasar Tanah Abang juga menjual jenis kacang ini. Para pedangang membandrol harga kacang ini, mulai dari Rp50.000-Rp200.000 / kilogram (kg).

4. Malban

Khas dari Timur Tengah, makanan ini menjadi cemilan manis favorit khas Tanah Suci. Camilan ini menyerupai jeli buah yang dibuat dengan molase anggur dikentalkan dan dibumbui oleh air mawar.

Cemilan satu ini akan terasa manis di dalam dengan sedikit rasa asam.

5. Maamoul

Cemilan satu ini menjadi oleh-oleh manis andalan para jammah Haji. Pada dasarnya, cemilan ini merupakan kurma yang dibalut dengan kue renyah layaknya biskuit.

Hal ini, membuat rasa renyah nan lembut dibagian luarnya dan manis buah kurma di dalamnya.

Bila kamu pergi ke Tanah Abang, kamu bisa menemukan beberapa pedagang oleh-oleh menjual cemilan ini. Biasanya, camilan akan dihargai Rp 60.000 per lusin.

Kacang PistachioDoc. Pixabay/Michal Jarmoluk Kacang Pistachio

6. Kacang Pistachio

Selain kacang Arab, ada juga kacang Pisctacio. Kacang ini dipilih karena bentuknya yang besar dan rasanya yang enak.

Biasanya, kamu akan menemukan kacang ini tumbuh di Iran, tetapi banyak pedagang yang menjual kacang ini di Madinah.

Datang ke Tanah Abang dan kamu akan menemukan banyak pedangang menjual kacang ini. Dengan mengeluarkan uang Rp 200.000, kamu bisa membawa pulang 1 kilogram kacang ini.

Kacang AlmondDoc. Pixabay/PIRO4D Kacang Almond

7. Kacang Almond

Ada juga kacang Almond yang rasanya lebih manis dari kedua kacang sebelumnya. Kacang ini menjadi cemilan pas untuk kue-kue manis yang diberi oleh jamaah Haji.

Pergilah ke Tanah Abang , dan kamu akan bertemu dengan penjual kacang Almond ini. Kamu bisa membawa pulang kacang ini dengan mengeluarkan uang Rp180.000-Rp220.000 untuk setiap kilogramnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com