10 Ragam Wisata di Kalimantan Timur, Calon Lokasi Ibu Kota Negara

Kompas.com - 22/08/2019, 19:16 WIB
Kawasan lindung mangrove Margomulyo merupakan salah satu lokasi wisata warga Balikpapan, Kalimantan Timur. Di sana, masih bisa ditemukan keriuhan puluhan monyet hidung belanda atau bekantan di waktu-waktu tertentu. KOMPAS.com/DANI JULIUS ZEBUAKawasan lindung mangrove Margomulyo merupakan salah satu lokasi wisata warga Balikpapan, Kalimantan Timur. Di sana, masih bisa ditemukan keriuhan puluhan monyet hidung belanda atau bekantan di waktu-waktu tertentu.

JAKARTA, KOMPAS.com - Baru-baru ini, Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR) Sofyan Djalil menyebut lokasi ibu kota baru berada di Provinsi Kalimantan Timur. Namun, Sofyan masih mengunci rapat di mana persisnya lokasi ibu kota baru tersebut.

Pada Mei 2019, Presiden Joko Widodo pernah mengunjungi salah satu satu lokasi bernama Bukit Soeharto di Semboja, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Lokasi tersebut digadang-gadang akan menjadi lokasi ibu kota negara Indonesia.

Kalimantan Timur memendam berbagai pesona wisata yang tidak kalah dari daerah lain di Indonesia. Dikutip dari berbagai sumber, KompasTravel merangkum 10 pesona wisata Kalimantan Timur :

1. Batu Dinding

Merupakan gugusan batu kapur yang mengintari Sungai Mahakam Ulu. Panjang 800 meter dengan ketinggian 100-200 meter, membuat tempat ini menjadi spot indah untuk melihat matahari terbenam.

Permandangan alam seperti hutan lebat dan panorama khas pegunungan, menunggu kamu yang berencana datang ke tempat ini. Kamu harus berangkat dari Balikpapan dan terus mengintari jalan raya menuju ke Samarinda.

2. Goa Losan

Goa satu ini berada di jalur Kalimantan Timur dan Selatan, tepatnya di Kecamatan Muara Komam. Goa ini menyimpan berbagai jenis bebatuan degan nilai tukar yang fantastis. Karena itulah, untuk masuk ke goa ini, kamu harus didampingi oleh satu pemandu wisata agar memsatikan kamu tidak melakukan pengambilan batu dalam gua.

Untuk masuk ke goa ini cukup murah, cukup mengeluarkan uang Rp 5000 per orang.

3. Jantur Inar

Merupakan air terjun dengan ketinggian 30 meter. Kamu bisa menemukan air terjun ini di kawasan Kutai Barat. Konon katanya, mereka yang berwisata kesini bisa menilhat pelangi yang keluar dari sela-sela air terjun ini.

Aksesnya cukup mudah, dengan menaiki kendaraan roda empat dari Kota Sendawar.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X