5 Tips Berburu Oleh-Oleh Khas Tanah Suci di Tanah Abang

Kompas.com - 23/08/2019, 09:39 WIB
Keramaian Pasar Tanah Abang diatas jam 10.00 Albert SupargoKeramaian Pasar Tanah Abang diatas jam 10.00

JAKARTA, Kompas.com - Pernak-pernik khas Tanah Suci menjadi bawaan wajib untuk para jamaah haji yang kembali ke Tanah Air. Sayangnya, adanya batas maksimal pembawaan barang oleh Pemerintah Arab Saudi membuat jamaah tidak leluasa membawa oleh-oleh untuk orang yang dicintai di Tanah Air.

Karena itulah, banyak pedagang yang menjual oleh-oleh dan pernak-pernik khas Tanah Suci di Indonesia. Tempat yang paling terkenal adalah Pasar Tanah Abang.

Untuk kamu yang ingin berburu di Pasar Tanah Abang, KompasTravel merangkum beberapa tips agar belanja menjadi lebih optimal :

1. Pergilah dari pagi

Datanglah pukul 08.00 WIB bila ingin berbelanja dengan leluasa. Pasalnya, toko di sini akan ramai pengunjung pada jam 10.00 hingga jam 14.00 WIB.

Mayoritas toko di sini buka jam 08.00. Kalau kamu beruntung, pedagang akan memberikan harga spesial buat pembeli pertama toko.

2. Bawalah uang tunai

Walaupun beberapa toko menyediakan mesin EDC untuk pembayaran debit, membawa uang tunai membuat kamu lebih leluasa menemukan toko pilihan. Proses pembayaran akan lebih fleksibel dan cepat mengingat toko yang ramai pasca selesainya Musim Haji.

3. Ketahui keberadaan toko

Pasar Tanah Abang merupakan pusat grosir besar di Jakarta. Toko-tokonya pun beragam dan sangat banyak, sampai tempat ini terbagi menjadi beberapa blok.

Untuk kamu yang ingin berbelanja oleh-oleh haji, kamu bisa langsung menuju blok F. Kamu juga bisa menemukan beberapa toko yang sama di Blok A, B dan E.

Untuk kamu yang mengunakan KRL Commuter Line, turunlah di Stasiun Tanah Abang dan keluar ke arah kanan. Ikuti petunjuk arah dan belok ke kiri untuk menuju Blok A. Jalan mengintari Blok A dan kamu akan menemukan pintu yang menghubungkan kamu langsung ke Blok F.

Untuk kamu yang membawa kendaraan, kamu bisa pergi ke Jalan Kb. Jati dan memarkirkan kendaraan kamu di dekat sana.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X