Usai Musim Haji, Omset Pedagang Oleh-Oleh Belum Meningkat Drastis

Kompas.com - 23/08/2019, 10:09 WIB
Salah satu toko cemilan khas Arab Saudi yang bisa kamu temui di Pasar Tanah Abang Albert SupargoSalah satu toko cemilan khas Arab Saudi yang bisa kamu temui di Pasar Tanah Abang

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim haji telah usai, saatnya para jamaah pulang ke Tanah Air. Untuk mereka yang tidak sempat belanja cideramata di Tanah Suci, Pasar Tanah Abang merupakan pilihan favorit bagi mereka untuk berbelanja oleh-oleh.

Namun, toko pedagang oleh-oleh haji masih terlalu ramai pengunjung. Peningkatan omset pun nyatakan oleh beberapa pedagang belum drastis.

“Kalau penjualan dari toko kita baru mengalami kenaikan omset 10 persen saja, belum naik drastis,” sebut Andi Dharmawan selaku anak dari pemilik toko Mekkah11 kepada KompasTravel, Rabu (21/08/2019).

Baca juga: 7 Oleh-oleh Haji yang Bisa Dibeli di Tanah Abang

Ia juga menyatakan, kenaikan harga oleh-oleh haji di tokonya hanya sebesar 2-5 persen dari tahun sebelumnya.

“Kalau harga kita stabil-stabil aja, kenaikannya wajar,” sebut Andi.

Hal yang sama juga dinyatakan oleh Ali, salah satu pedagang oleh-oleh dan pernak-pernik khas Tanah Suci.

“Memang sudah 2 tahun ke belakang ini pembeli tidak seramai tahun-tahun sebelumnya. Dulu saya bisa dapat dari 5-8 juta sehari, hari ini sampai sekarang baru megang 2 jutaan,” sebut Ali kepada KompasTravel.

Baca juga: 5 Tips Berburu Oleh-Oleh Khas Tanah Suci di Tanah Abang

Namun, hal ini dinyatakan wajar oleh Ali.

“Wajar aja, soalnya kan Jemaah sampai sekarang belum terlalu banyak yang pulang dari Tanah Suci, jadi pembeli belum terlalu banyak. Dalam beberapa hari kedepan, saya yakin pasti banyak yang beli,” sebut Ali.

Pemerintah baru menjadwalkan kepulangan 47 Kelompok Terbang (Kloter) jamaah haji akan pada Kamis, 5 September 2019. Sampai hari Selasa kemarin, baru dua kloter jemaah haji tiba di Asrama Debarkasi Jakarta-Pondok Gede, Jakarta Timur.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X