KILAS

Karaksa Media Partner adalah media online penyedia berita terkini seputar Jepang dari sumber terpercaya, “Japan Walker”. Kami akan menyampaikan berita seputar Jepang terkini dari semua genre, seperti kuliner, produk & tren terbaru, festival musiman, tempat hangout, hidden spot, dan masih banyak lainnya.

Tingkatkan Kunjungan Wisman Jepang, Kemenpar Gandeng Super Dragon

Kompas.com - 23/08/2019, 10:49 WIB
Hotria Mariana,
Mikhael Gewati

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Dibandingkan tahun 2017, jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) asal Jepang ke Indonesia mengalami penurunan pada 2018.

Hal tersebut diperoleh dari data Badan Pusat Statistik dan hasil survei Kementerian Pariwisata (Kemenpar) tahun 2019.

Disebutkan, tahun 2018 jumlah kunjungan wisman Jepang ke Indonesia hanya berjumlah 530.573, atau menurun 7,45 persen dari 573.310 pada 2017.

Sekali berkunjung ke Indonesia, wisatawan Jepang umumnya menghabiskan waktu enam hari hingga seminggu dengan rata-rata pengeluaran sebesar 1,360.28 dollar AS per kunjungan.

Baca juga: Realisasikan Hospital Tourism, RSUD Soekarno Bangka Butuh Rp 100 Miliar

Melihat penurunan tersebut Kemenpar tentu tak tinggal diam. Berbagai upaya promosi pun dilakukan demi menarik minat wisman datang ke Indonesia, salah satunya lewat program Family Trip (Fam-trip) Tourism Hub.

Malahan tahun ini, dalam keterangan tertulisnya, berencana meningkatkan target kunjungan wisman asal Jepang menjadi 657.700 orang.

"Atas dasar itulah, kami menggaungkan kembali pariwisata Indonesia ke Jepang. Makanya Kemenpar saat ini tengah mempromosikan Fam-Trip," kata Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya.

Sebagai informasi, Famtrip Tourism Hub merupakan salah satu dari tiga program super-extraordinary Kemenpar tahun 2019, selain Border Tourism dan Low Cost Terminal.

Baca juga: Dark Tourism, Saat Tempat Bencana Jadi Tren Wisata

Lewat Tourism Hub ini, diharapkan dapat men-tapping penambahan kedatangan wisman melalui hub-hub utama seperti Singapura dan Malaysia.

Famtrip Tourism Hub

Dengan menggandeng boyband asal Jepang Super Dragon, Kemenpar sukses menggelar Fam-trip Tourism Hub Pembuat Opini Pasar Jepang di Bintan, Kepulauan Riau pada 29 Juli hingga 2 Agustus 2019 lalu.

Dapat terwujudnya program tersebut merupakan hasil dari program Business Gathering and Sales Mission Tourism Hub di Tokyo dan Osaka pada 4 hingga 5 Juli 2019 lalu.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran II Kementerian Pariwisata Nia Niscaya mengungkapkan, outcome dari pengadaan Fam-trip Tourism Hub ini adalah pembentukan opini positif terkait paket dan produk Tourism Hub bagi pasar Jepang, khususnya segmen family dan student trip.

Baca juga: Promosikan Labuan Bajo, Kemenpar Ajak 10 TA Timor Leste Ikuti Famtrip

Selain itu, kata dia, fam-trip ini juga dapat dimanfaatkan sebagai referensi bagi OC Tourism Hub Kemenpar RI dan para pelaku industri pariwisata Bintan.

Terutama dalam pembuatan Super Dragon-inspired Tourism Hub package dengan merujuk itinerary, akomodasi, dan sightseeing places yang boyband tersebut kunjungi.

Halaman Berikutnya
Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com