Transportasi Online dan Kemudahan Berwisata Masa Kini...

Kompas.com - 23/08/2019, 12:39 WIB
Ilustrasi transportasi online ShutterstockIlustrasi transportasi online

SOLO, KOMPAS.com - Transportasi berbasis aplikasi online saat ini menjamur dan menjadi salah satu kebutuhan masyarakat.

Bahkan saat ini, moda transportasi online memberikan berbagai manfaat, salah satunya bagi dunia pariwisata.

Keberadaan transportasi online bukan hanya memudahkan para turis untuk pergi ke obyek wisata tujuan, tetapi juga memudahkan dalam penyediaan berbagai macam kebutuhan selama bepergian.

Bahkan, di beberapa destinasi wisata, moda transportasi ini menjadi favorit para turis dalam menentukan tujuan wisata.

Salah satu mitra transportasi daring, Joko Kristiyanto, mengatakan, saat ini banyak wisatawan yang memanfaatkan jasa transportasi online.

Baca juga: Survei: 32 Persen Masyarakat Ketergantungan Transportasi Online

Menurut dia, selain memberikan jasa tumpangan, pengemudi juga bisa mengenalkan destinasi wisata kepada pengunjung.

Dua orang driver mitra Grab, dalam sebuah acara KOMPAS.com/ROSIANA HARYANTI Dua orang driver mitra Grab, dalam sebuah acara
Dengan demikian, menurut Joko, seorang driver dapat memberikan referensi obyek atau atraksi menarik pada sebuah destinasi wisata.

"Jadi driver itu bukan hanya bisanya nyupir sama pegang aplikasi, tapi paling tidak dia punya referensi berkaitan apa yang diunggulkan di Solo," ujar Joko kepada wartawan dalam acara #JelajahIndonesia Bersama Grab ke Jawa Tengah dan Yogyakarta di Solo, Kamis (22/8/2019).

Joko menambahkan, bukan hanya transportasi online, keberadan teknologi seperti penerjemah juga memudahkan komunikasi antara pengemudi dengan turis asing.

"Di-translate aja sudah ada bahasanya kan itu. Jadi kami enggak kesulitan lagi dengan masalah bahasa dengan turis," ujar dia.

City Manager GrabCar Solo, Aditya Khundala, mengatakan, transportasi online membantu pariwisata khususnya turis yang memerlukan penjemputan atau pengantaran.

Ia menyebutkan, Grab selalu membagikan berbagai event yang tengah berlangsung di Kota Solo, sehingga para pengemudi bisa mengetahui informasi itu dan memberikan referensi kepada penumpang.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X