Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama di Dunia, Proyek Kereta Gantung Lintas Negara Akan Dimulai 2020

Kompas.com - 23/08/2019, 22:06 WIB
Ni Putu Dinanty,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

Sumber CNN Travel

JAKARTA, KOMPAS.comKereta gantung lintas batas pertama di dunia akan segera dibangun di perbatasan China dan Rusia. Perjalanan dengan kereta ini memakan waktu kurang dari delapan menit.

"Sistem kereta gantung memberikan bentuk baru dari angkutan umum yang berkelanjutan, sangat cepat, dapat diandalkan dan efisien. Meskipun menjadi solusi yang pragmatis, kereta gantung merupakan cara yang sangat menyenangkan untuk bepergian karena memungkinkan kita melihat dan mengalami kota-kota kita dalam cara baru," kata pendiri dan arsitek di UNStudio, Ben van Berkel, seperti dilansir dari CNN Internasional. 

Baca juga: Inilah Kampung Ketandan yang Viral Karena Mirip Shanghai di China

Kereta gantung ini akan berjalan melinatasi Heihe di timur laut China dan Blagoveshchensk di Rusia, membawa penumpang melintasi Sungai Amur.

Setiap armana kereta dapat membawa 60 penumpang dan akan berangkat setiap 15 menit. Waktu yang ditempuh untuk melakukan perjalanan udara di atas sungai hanya membutuhkan tiga setengah menit. Waktu total perjalanan udara menggunakan kereta gantung ini adalah tujuh setengah menit. 

Tampak udara terminal kereta gantung lintas batas pertama di dunia yang menghubungkan negara Cina dan Rusia.Dok. CNN Travel Tampak udara terminal kereta gantung lintas batas pertama di dunia yang menghubungkan negara Cina dan Rusia.

Terminal kereta gantung Blagoveshchensk didesain oleh kantor arsitek Belanda UNStudio. Terminal ini dibangun di beberapa tingkat dan memiliki platform tampilan tinggi yang menghadap ke Amur menuju Heihe.

Desainnya juga menggabungkan teras dan dataran tinggi hijau serta restoran dan taman langit.

Proyek yang dikelola oleh perusahaan konsultan Rusia Strelka KB ini sudah berjalan. UNStudio mengatakan kepada CNN bahwa perusahaan akan bekerja lebih jauh pada desain, sementara konstruksi pada kereta gantung dan terminalnya diharapkan akan dimulai pada 2020.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber CNN Travel
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com