Kompas.com - 23/08/2019, 22:06 WIB

JAKARTA, KOMPAS.comKereta gantung lintas batas pertama di dunia akan segera dibangun di perbatasan China dan Rusia. Perjalanan dengan kereta ini memakan waktu kurang dari delapan menit.

"Sistem kereta gantung memberikan bentuk baru dari angkutan umum yang berkelanjutan, sangat cepat, dapat diandalkan dan efisien. Meskipun menjadi solusi yang pragmatis, kereta gantung merupakan cara yang sangat menyenangkan untuk bepergian karena memungkinkan kita melihat dan mengalami kota-kota kita dalam cara baru," kata pendiri dan arsitek di UNStudio, Ben van Berkel, seperti dilansir dari CNN Internasional. 

Baca juga: Inilah Kampung Ketandan yang Viral Karena Mirip Shanghai di China

Kereta gantung ini akan berjalan melinatasi Heihe di timur laut China dan Blagoveshchensk di Rusia, membawa penumpang melintasi Sungai Amur.

Setiap armana kereta dapat membawa 60 penumpang dan akan berangkat setiap 15 menit. Waktu yang ditempuh untuk melakukan perjalanan udara di atas sungai hanya membutuhkan tiga setengah menit. Waktu total perjalanan udara menggunakan kereta gantung ini adalah tujuh setengah menit. 

Tampak udara terminal kereta gantung lintas batas pertama di dunia yang menghubungkan negara Cina dan Rusia.Dok. CNN Travel Tampak udara terminal kereta gantung lintas batas pertama di dunia yang menghubungkan negara Cina dan Rusia.

Terminal kereta gantung Blagoveshchensk didesain oleh kantor arsitek Belanda UNStudio. Terminal ini dibangun di beberapa tingkat dan memiliki platform tampilan tinggi yang menghadap ke Amur menuju Heihe.

Desainnya juga menggabungkan teras dan dataran tinggi hijau serta restoran dan taman langit.

Proyek yang dikelola oleh perusahaan konsultan Rusia Strelka KB ini sudah berjalan. UNStudio mengatakan kepada CNN bahwa perusahaan akan bekerja lebih jauh pada desain, sementara konstruksi pada kereta gantung dan terminalnya diharapkan akan dimulai pada 2020.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNN Travel


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.