Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahan di Sekitar Obyek Wisata Pantai di Bangka Terbakar

Kompas.com - 24/08/2019, 15:07 WIB
Heru Dahnur ,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

 BANGKA, KOMPAS.com - Musim kemarau dan kekeringan menyebabkan lahan wisata Pantai Matras di Kabupaten Bangka, Kepulauan Bangka Belitung, terbakar, Jumat (23/8/2019) malam.

Petugas Bidang Kebencanaan Pol PP Bangka, Fauzi, mengatakan, kekuatan gabungan yang terdiri dari 2 unit kendaraan damkar/branwier, 1 unit kendaraan suplai air serta satu regu petugas dikerahkan dalam upaya pemadaman.

"(Penyebab) kemungkinannya ada orang yang tidak bertanggung jawab karena lokasi kebakaran di pinggir jalan raya arah Matras," kata Fauzi saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat malam.

Luas lahan yang terbakar mencapai 1 hektar dan berada persis di pinggir jalan. Percikan api diperkirakan mulai muncul sekitar pukul 19.00 WIB dengan cepat membesar karena tiupan angin dari pantai.

Hingga pukul 21.00 WIB petugas masih berada di lokasi untuk melakukan pemadaman.

Tidak ada korban jiwa dalam kebakaran itu. Namun hampir seluruh pepohonan hangus dilalap si jago merah.

Saat ini para pengendara yang melintas di jalan Pantai Matras diminta berhati-hati karena masih adanya kabut asap dari sisa lahan yang terbakar.

Sebagaimana diketahui, Pantai Matras bagian dari destinasi wisata bagian utara Pulau Bangka yang cukup ramai dikunjungi.

Selain untuk berlibur, pantai ini juga menjadi tempat berlabuh perahu nelayan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com