Festival Durian Bumi Khatulistiwa, Upaya Tingkatkan Gairah Petani Kalbar

Kompas.com - 25/08/2019, 14:10 WIB
Para juri menilai buah durian di Festival Durian Bumi Khatulistiwa, di Halaman Parkir A Yani Mega Mall Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (24/8/2019) KOMPAS.COM/HENDRA CIPTAPara juri menilai buah durian di Festival Durian Bumi Khatulistiwa, di Halaman Parkir A Yani Mega Mall Pontianak, Kalimantan Barat, Sabtu (24/8/2019)


PONTIANAK, KOMPAS.com - Festival Durian Bumi Khatulistiwa resmi dibuka, Sabtu (24/8/2019). Acara ini dipusatkan di Halaman Parkir A Yani Mega Mall Pontianak, Kalimantan Barat.

Acara yang digagas Pemerintah Provinsi Kalbar melalui Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan-TPH) Kalbar ini bertujuan untuk mencari durian terbaik yang diikuti 200 perserta dari berbagai daerah. Selain itu, ada pula makan durian gratis untuk seribu orang.

Gubernur Kalbar Sutarmidji mengatakan, selama ini para petani durian belum mendapatkan perhatian yang seharusnya. Padahal Kalbar memiliki banyak jenis durian unggulan.

"Hanya saja, sebelum ini, durian belum mampu dioptimalkan untuk menjadi nilai tambah petani," kata Sutarmidji.

Baca juga: Kisah Penemuan Durian Si Gundul di Kaki Gunung Rinjani

Midji menyebut, di seluruh Indonesia, ada 38 jenis durian unggul dan 12 di antaranya berada di Kalbar.

"Jika ini mampu dimaksimalkan, hal ini tentu menjadi keuntungan bagi Kalbar," ucapnya.

Midji memastikan, ke depan kondisi itu akan menjadi perhatian pemerintah provinsi. Yakni dengan cara melakukan promosi serta kebijakan yang berpihak kepada petani durian.

Salah satu promosi yang dilakukan adalah dengan gencar menggelar Festival Durian Bumi Khatulistiwa. Bahkan dipastikan digelar setiap musim durian.

"Dengan kegiatan ini, durian di Kalbar akan dikenal dan harganya paling tidak meningkat dua kali lipat dari saat ini," harap dia.

Baca juga: Inilah Si Gundul, Durian Tak Berduri Asli NTB

Festival Durian Bumi Khatulistiwa dikemas dengan berbagai kegiatan hingga 1 September 2019 mendatang.

Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura (Distan-TPH) Kalbar, Heronimus Hero mengatakan, tujuan utama dari kegiatan ini adalah memperkenalkan dan mempromosikan berbagai potensi pertanian Kalbar khususnya komoditi durian.

"Tujuan lainnya adalah untuk mencari dan membangun jaringan pemasaran durian Kalbar," ucapnya.

Ilustrasi duriannaito8 Ilustrasi durian

Selain itu, petani durian juga diberi edukasi bagaimana merawat dan melestarikan tanaman durian dengan baik dan benar. Petani durian juga diajarkan bagaimana memasarkan buah mereka serta membuat berbagai olahan.

"Tahun depan akan dilaksanakan festival serupa sebanyak dua kali dalam setahun," tutupnya.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X