Share this page

Menjejaki Rute Menuju Lembah Ngingrong

Kompas.com - 26/Aug/2019 , 18:40 WIB

Menjejaki Rute Menuju Lembah Ngingrong

KOMPAS.com - Lembang Ngingrong merupakan satu dari 16 geosite di Gunungsewu, Geopark Gunung Kidul, Yogyakarta. Luas Lembang Ngingrong tercatat mencapai 10 hektare dengan kedalaman 80 meter. Lokasinya terletak di pinggir jalan raya antara Mulo dan Tepus.

Dengan keberadaan di pinggir jalan raya, tidak sulit untuk menemukan Lembah Ngingrong. Bahkan, sebelum menjadi geosite dan tempat wisata, Lembah Ngingrong sering dijadikan tempat beristirahat oleh warga sekitar untuk menyaksikan keindahan lembah.

Lembah Ngingrong berada di Desa Mulo di Kecamatan Wonosari. Lokasi ini bisa ditempuh dari tiga daerah berbeda, yaitu dari Klaten, Solo dan Yogyakarta.

Jika Sobat Pesona datang dari arah Klaten, cukup berkendara menuju daerah Cawas, lanjut ke Semin, lalu ke Karangmojo. Selanjutnya, ambil jalur ke arah Rongkap dan susuri jalan hingga tiba di Pantai Siung.

Sementara jika berangkat dari Solo, ambil rute ke Sukoharjo terlebih dulu. Lalu, lanjutkan ke Wonogiri dan ambil arah Wuryantoro. Dilanjutkan ke arah Purwodadi ke Kecamatan Tepus.

Nah, kalau dari arah Yogyakarta, Sobat Pesona harus melewati jalur utara menuju Candi Prambanan. Ambil arah ke Bunderan Siyon. Dari sini, Sobat Pesona bisa memilih lewat pusat kota atau rute ring road yang keduanya sama-sama menuju pertigaan Mulo.

Lembah Ngingrong, Yogyakarta.RICKY Lembah Ngingrong, Yogyakarta.

Dari Yogyakarta, tersedia angkutan umum yang melayani jalur Yogyakarta-Wonosari. Angkutan berbentuk mini bus ini akan mengantar kita langsung ke Wonosari. Tiba di Wonosari, kita harus berganti bus yang menuju ke arah Pantai Kukupa atau Pantai Baron.

Dari Desa Mulo, wisatawan tinggal berkendara lagi sejauh 500 meter, bisa juga berjalan kaki, menuju ke Taman Batu. Di sini, Sobat Pesona bisa melihat-lihat dulu berbagai jenis batu, mulai dari batuan beku, batuan sedimen, fosil kayu dengan segala informasi tentang sejarahnya.

Tak jauh dari Taman Batu, Sobat Pesona bisa menemukan Lembah Karst Ngingrong. Cukup berjalan ke arah timur kurang lebih 200 meter dari Taman Batu, kita bisa melihat sebuah cekungan tanah yang cukup dalam.

Jika Sobat Pesona ingin melanjutkan petualangan, kita bisa menuruni lembah untuk tiba di mulut Gua Ngingrong.

Untuk menjelajahi Gua Ngingrong, kita bisa memilih di antara dua rute. Pertama rute Gua Lengkap dengan jalur yang lebih pendek. Kedua, menyusuri Gua Ngingrong lebih ke dalam lagi dengan rute yang lebih sulit dan berisiko tinggi.

Baca artikel lainnya:

Deretan Pantai Spektakuler Gunung Kidul, di Tepi Samudra Indonesia

Luweng Sampang, Grand Canyon Mini di Yogyakarta

Mencari Cahaya Surga di Goa Jomblang Yogyakarta

Telusuri obyek wisata lainnya di Indonesia. Cari kisahnya dalam Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya