Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Makanan Kesukaan Jokowi di Solo Versi Vlog Episode 2

Kompas.com - 26/08/2019, 19:00 WIB
Silvita Agmasari,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo kembali meluncurkan vlog #JKWKULINER Makan Makan di Solo episode dua lewat saluran Youtube, Sabtu (24/8/2019).

Pada episode lanjutan ini ada empat kisah rumah makanan yang merupakan langganan Jokowi di Solo, Jawa Tengah. Di masing-masing rumah makan ini, Jokowi punya hidangan favorit.

Berikut rangkumam makanan kesukaan Jokowi dari vlog di Youtubenya. Siapa tahu bisa menjadi ide wisata kuliner di Solo, Jawa Tengah:

1. Sate Kambing Haji Bejo

Rumah makan sate ini terletak di kawasan Lojiwetan, Kota Solo, Jawa Tengah. Letaknya bukan di tengah kota atau pinggir jalan besar. Harus masuk sedikit ke dalam komplek perumahan.

Jokowi diketahui sudah lama menjadi pelanggan rumah makan ini, bahkan disebut sejak zaman masih bujang.

Rumah makan ini terkenal dengan sajian sate kambing, terutama sate buntel khas Solo. Selain itu juga ada tengkleng dan tongseng yang menggugah selera.

2. RM Adem Ayem

Rumah makan ini sudah berusia 50 tahun. Gudeg ayam menjadi sajian andalan dari rumah makan ini.

Bukan cuma Jokowi, ternyata Presiden RI Soeharto dan Abdurrahman Wahid juga gemar menyantap gudeg dari Adem Ayem.

Gudeg Adem Ayem memiliki ciri khas rasa gurih yang lebih mendominasi layaknya gudeg Solo lain, bukan didominasi rasa manis seperti Gudeg Yogyakarta. Rumah Makan Adem Ayem beralamat di Jalan Slamet Riyadi Nomor 342.

Sahian Timlo Maestro di Solo, Jawa Tengah.Dok. Youtube Presiden Joko Widodo Sahian Timlo Maestro di Solo, Jawa Tengah.

3. Timlo Maestro

Timlo Maestro ini merupakan salah satu rumah makan timlo paling terkenal di Solo. Sajian utama tentunya timlo, yakni sup ayam bening dengan isian telur bebek pindang, suwiran ayam, sosis, dan jeroan.

Makanan ini ringan dan cocok untuk disantap saat sarapan atau malam hari. Jokowi disebtukan gemar menyantap hidangan ini saat malam hari.

Timlo Maestro beralamat di Jalan K.H Ahmad Dahlan No.60, Keprabon.

4. Gudeg Mbak Yus

Rekomendasi terakhir dari Jokowi di vlognya adalah Gudeg Mbak Yus. Gudeg ini sudah lama menjadi langganan Jokowi dan keluarga.

Bahkan ketika Gibran bertemu AHY (Agus Harimurti Yudhoyono) sajian ini yang disuguhkan. Gudeg Mbak Yus terkenal dengan sajian nasi gudeg dan bubur gudeg. Ceker ayam yang empuk juga menjadi keunggulan sebagai lauk gudeg.

Gudeg Mbak Yus beralamat di Jalan RA Kartini No.12, Timuran.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com