5 Destinasi Wisata Ibu Kota Baru di Kutai Kartanegara Kaltim

Kompas.com - 27/08/2019, 20:06 WIB
Istana Kutai Kartanegara yang sudah diahlifungsikan sebagai Museum Mulawarman merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah di Kabupaten Kutai Kartanegara. Dok. KEMENDIKBUDIstana Kutai Kartanegara yang sudah diahlifungsikan sebagai Museum Mulawarman merupakan salah satu destinasi wisata bersejarah di Kabupaten Kutai Kartanegara.

JAKARTA, KOMPAS.com – Kabupaten Kutai Kartanegara merupakan salah satu kabupaten di provinsi Kalimantan Timur yang dikenal mempunyai tempat wisata menarik dan bersejarah.

Pada Senin (26/8), Jokowi telah menetapkan lokasi ibu kota baru yang salah satunya berada di sebagian Kabupaten Kutai Kartanegara.

Berikut lima destinasi wisata menarik yang ada di Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Museum Mulawarman yang merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara.Dok. Get Borneo Museum Mulawarman yang merupakan salah satu destinasi wisata di Kabupaten Kutai Kartanegara.
1. Museum Mulawarman

Museum Mulawarman adalah salah satu museum yang paling terkenal di pulau Kalimantan. Museum ini memiliki kurang lebih 5.373 koleksi benda bersejarah yang terbagi ke dalam berbagai jenis.

Koleksi benda bersejarah itu meliputi patung-patung dan benda bersejarah, perabotan kuno, kamar tidur dengan hiasan kain 'doyo' tenunan tangan serta barang-barang dari dinasti Ming, Qing, dan Yuan.

Di Museum Mulawarman ini pengunjung juga dapat melihat teater boneka Bali yang disumbangkan oleh Sultan Yogyakarta.

Lokasi museum ini berada di Jalan Tepian Pandan, Panji, Tenggarong, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Letaknya juga cukup strategis karena dekat dengan Sungai Mahakam. Harga tiket masuk ke Museum Mulawarman yaitu Rp 2.500 untuk orang dewasa dan Rp 1.000 untuk anak-anak.

Taman Kota Raja Tenggarong merupakan salah satu destinasi wisata di Kutai Kartanegara dengan latar belakang Jembatan Kartanegara dan Sungai Mahakam.Dok. KutaiKartanegara.com Taman Kota Raja Tenggarong merupakan salah satu destinasi wisata di Kutai Kartanegara dengan latar belakang Jembatan Kartanegara dan Sungai Mahakam.
2. Taman Kota Raja Tenggarong

Pengunjung dapat mengunhungi Taman Kota Raja Tenggarong ini setiap hari dan buka selama 24 jam. Harga tiket masuk yang ditawarkan tempat wisata ini adalah Rp 10.000 per orang.

Taman Kota Raja Tenggarong mempunyai fasilitas yang mirip dengan menara payung seperti di Arab dan latar belakang Jembatan Kartanegara yang letaknya berada di atas Sungai Mahakam.

Pengunjung lebih sering terlihat piknik bersama keluarga saat mengujungi taman kota ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X