Tertarik Belajar Membatik di Kampung Batik Laweyan? Berikut Kisaran Harganya...

Kompas.com - 28/08/2019, 06:20 WIB
Sebelum membatik, lilin harus dipanaskan dan diambil dengan canthing. Alat ini berfungsi layaknya pena yang digoreskan pada selembar kain. KOMPAS.com/ROSIANA HARYANTISebelum membatik, lilin harus dipanaskan dan diambil dengan canthing. Alat ini berfungsi layaknya pena yang digoreskan pada selembar kain.

SOLO, KOMPAS.com - Berkunjung ke Kampung Batik Laweyan tak lengkap rasanya jika tidak merasakan menjadi pembatik. Di sini, para pengunjung dapat mengeksplorasi asal-usul batik mulai dari sejarah, proses pembuatan, macam-macam batik yang ada, hingga pelatihan membatik.

Salah satu penyedia pelatihan membatik di kampung ini adalah Forum Pengembangan Kampung Batik Laweyan. Menurut salah satu pengurus forum, Widhiarso, pelatihan ini adalah upaya memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai seluk beluk batik.

"Kalau mau ke sini jangan sampai cuma belanja, kalau bisa edukasi juga," ucap Widhi, begitu dia akrab disapa kepada wartawan dalam acara #JelajahIndonesia Bersama Grab ke Jawa Tengah dan Yogyakarta, Kamis (22/8/2019).

Jika kamu tertarik, ada beberapa paket yang ditawarkan. Paket pertama adalah pelatihan membatik dengan kain berukuran 50x50 sentimeter dan 30x30 sentimeter.

Adapun untuk setiap paket terdapat beberapa macam tarif tergantung dari jumlah peserta. Untuk harga dibedakan menjadi beberapa macam lagi yakni bagi turis mancanegara, masyarakat lokal, mahasiswa, dan pelajar.

Baca juga: Selain Belanja, Kamu Juga Bisa Belajar Membatik di Kampung Batik Laweyan

Proses membatik di Kampung Batik Laweyan. Forum Pengembangan Kampung Batik Laweyan mengadakan pelatihan membatik bagi wisatawan dan warga lokal yang ingin belajarKOMPAS.com/ROSIANA HARYANTI Proses membatik di Kampung Batik Laweyan. Forum Pengembangan Kampung Batik Laweyan mengadakan pelatihan membatik bagi wisatawan dan warga lokal yang ingin belajar
Harga paket pelatihan membatik 

Kain berukuran 50x50 sentimeter

Paket pertama yang ditawarkan adalah membatik di kain berukuran 50x50 sentimeter. Untuk ini, harga yang ditawarkan bagi turis asing dengan jumlah peserta 1-20 orang adalah Rp 100.000.

Sementara bagi masyarakat lokal tarif yang dibebankan sebesar Rp Rp 75.000. Lalu bagi mahasiswa dan pelajar, tarifnya adalah Rp 72.000, dan Rp 67.000.

Lalu bagi turis asing dengan peserta 21-50 orang, maka harga yang ditawarkan adalah Rp 90.000. Kemudian untuk warga lokal, mahasiswa, dan pelajar, harganya bervariasi yakni Rp 70.000, Rp 67.000, dan Rp 62.000.

Kemudian jika jumlah peserta 51-100 orang, tarif yang diberikan untuk turis asing dan masyarakat biasa sebesar Rp 85.000 dan Rp 65.000. Adapun bagi mahasiswa dan pelajar, tarifnya adalah Rp 62.000 dan Rp 57.000.

Adapun jika peserta lebih dari 100 orang, harga yang ditawarkan untuk turis asing sebesar Rp 80.000. Sedangkan bagi masyarakat lokal, mahasiswa, dan pelajar, tarif masing-masing sebesar Rp Rp 60.000, Rp 55.000, dan Rp 50.000.

Baca juga: Saksikan Keindahan Batik, Tenun dan Mutiara dalam Pameran Warisan

Pelatihan membatik yang diadakag Forum Pengembangan Kampung Batik LaweyanDokumentasi Grab Indonesia Pelatihan membatik yang diadakag Forum Pengembangan Kampung Batik Laweyan
Kain berukuran 30x30 sentimeter

Paket kedua adalah dengan kain berukuran 30x30 sentimeter. Untuk ini, turis asing yang berkunjung dengan jumlah peserta 1-20 orang diberikan tarif sebesar Rp 75.000.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X