Gereja Unik di Georgia, Terletak di Puncak Tebing Batu Curam

Kompas.com - 29/08/2019, 10:06 WIB
Gereja Katskhi, Georgia yang Berada di Puncak Batu Monilit. SHUTTERSTOCK/ANDREI BORTNIKAUGereja Katskhi, Georgia yang Berada di Puncak Batu Monilit.

KOMPAS.com – Bangunan gereja biasanya berada di tempat strategis sehingga memudahkan jemaat untuk beribadah.

Namun di Negara Georgia, sebuah gereja malah berada di wilayah terpencil. Gereja itu bahkan berada di tempat tidak biasa, yakni di Katskhi Pilliar yang merupakan batu monolit setinggi lebih dari 40 meter.

Lokasi Katskhi Pilliar ini berjarak sekitar 200 kilometer dari Ibu Kota Georgia, Tbilisi. Tidak ada kereta api untuk bisa sampai ke sana. Pengunjung bisa mencapainya dengan mobil pribadi atau bus.

Katskhi Pilliar ternyata tidak hanya terpencil. Akses masuk gereja di atas monolit juga ekstrem. Mereka yang akan mencapai kompleks gereja harus berjalan melalui tangga logam tipis yang menempel di dinding monolit.

Hanya orang-orang tertentu yang bisa mencapainya

Pembangunan gereja yang ada di ujung pilar batu ini ditujukan untuk seorang biarawan Georgia abad ke-7, Maximus the Confessor.

Selain gereja, ada pula ruang pemakaman, gudang anggur, dinding tirai, dan tiga ruangan untuk bertapa.

Setiap harinya biarawan yang tinggal di kawasan bawah harus memanjat selama sekitar 20 menit melalui jalan ekstrem untuk menuju kompleks gereja.

Baca juga: Tak Hanya Afrika, Benua Eropa Juga Punya Gurun

Lokasi gereja yang berada di ketinggian menurut para biarawan ditujukan agar mereka berada lebih dekat kepada Tuhan saat beribadah.

Meski unik, tidak sembarang orang diizinkan untuk naik ke puncak pilar batu ini. Mereka yang bisa sampai ke sana hanyalah para biarawan setempat. Hal itu membuat Katskhi Pilliar dianggap sebagai salah satu landmark paling suci di bumi.

Aturan yang ketat

Saat ini, hanya pria dari ordo agama saja yang diizinkan untuk memanjat anak tangga sampai ke atas. Wanita belum diizinkan untuk naik ke atas.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber CNN Travel
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X