7 Wisata Unggulan di Purworejo, dari Hutan Pinus sampai Air Terjun

Kompas.com - 29/08/2019, 13:47 WIB
Seorang pengunjung menikmati momen sunset yang tersaji di Puncak Gunung Kunir Purworejo. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYASeorang pengunjung menikmati momen sunset yang tersaji di Puncak Gunung Kunir Purworejo.

JAKARTA, KOMPAS.com - Presiden RI Joko Widodo melakukan kunjungan kerja ke Kulon Progo, Yogyakarta dan Purworejo, Jawa Tengah, Kamis (29/8/2019). Di Purworejo, Jokowi dijadwalkan akan menontong wayang kulit dengan dalang perempuan asal Purwurejo.

Lokasi Purworejo sendiri tidak terlalu jauh dari Bandara NYIA (New Yogyakarta International Airport), dapat ditempuh selama 30 menit berkendara.

Ada banyak detinasi wisata yang menarik untuk dijelajah di kabupaten yang berbatasan langung dengan Yogyakarta ini. Berikut tujuh wisata unggulan di Purworejo.

1. Wisata Gunung Kunir

Wisata Gunung Kunir terletak di Desa Benowo, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Jarak tempuh dari Kota Purworejo adalah sekitar 26 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih satu jam berkendara. Lokasinya berada di kawasan Pegunungan Menoreh.

Gunung Kunir merupakan tempat terbaik untuk melihat pemandangan matahari tenggelam atau sunset.

Saat musim kemarau antara Juni- September, wisatawan juga dapat melihat matahari tenggelam dengan pemandangan Gunung Sindoro dan Gunung Sumbing.

2. Taman Air Sidandang

Sumber air Taman Sidandang berasal dari Pegunungan Menoreh. Wisatawan dapat bereneng dan melakukan susur sungai di sini.

Jangan khawatir di sini ada pihak pengelola yang menyediakan helm dan pelampung.

Taman Air Sidandang terletak di Desa Wisata Kaligono, Kecamatan Kaligesing, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah.

Lokasi taman ini ada di samping jalan utama Yogyakarta-Purworejo via Pergunungan Menoreh. Nantinya pintu masuk Taman Sidandang ada di selatan jalan utama.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X