Share this page

Menyelam di Sabang, Jangan Lewatkan Spot Kerennya

Kompas.com - 29/Aug/2019 , 15:31 WIB

Menyelam di Sabang, Jangan Lewatkan Spot Kerennya

KOMPAS.com -  Pulau Weh di Sabang, pulau paling ujung di Sumatera yang dikenal sebagai salah satu spot menyelam terbaik.

Di sana, setidaknya ada  20 titik penyelaman yang tersebar. Hal ini jelas menjadi salah satu magnet bagi ribuan penyelam lokal dan asing dari berbagai negara untuk mengunjungi wilayah di ujung Aceh ini.

Kalau Anda suka menyelam, jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi Pulau Weh ya!

Berikut kami rangkum beberapa spot terbaiknya:

West Seulako

Sebuah pulau kecil yang terletak di sisi barat Pulau Rubiah merupakan lokasi menyelam yang cukup sering dikunjungi wisatawan. Di sini airnya bening.

Wisatawan bisa menikmati keindahan bawah laut, dan bercanda dengan beragam ikan cantik dan warna-warni.

West Seulako adalah spot diving dengan dasar bebatuan yang ditumbuhi karang diselingi landasan berpasir. Pada kedalaman sekitar 14 meter ke arah Arus Paleeh, kita akan menemukan overhang berbentuk goa yang indah.

Arus Balee

Arus Balee merupakan spot menyelam yang berada di antara Pulau Seulako dan Pulau Rubiah. Spot ini memiliki 2 arus yang berbeda, atau biasa disebut arus channel.

Di sepanjang wall, penyelam akan menemukan karang, muray, schooling ikan bahkan gurita!

Kalau beruntung, kita bisa bertemu dengan blue spot stingray. Spot ini menjadi tantangan bagi para penyelam yang menginginkan drift current.

Rubiah Jetty

Rubiah jetty menjadi pilihan yang tepat bagi yang ingin merasakan night dive. Spot ini sayang untuk dilewatkan karena arusnya tidak terlalu kencang, dan memiliki kecerahan air yang bagus.

Lokasi spot tersebut berada tepat di depan jetty Pulau Rubiah, kita akan menemukan banyak hewan nocturnal di tempat ini, mulai dari lionfish, kepiting, blue spot stingray, hingga bulu babi. Dijamin puas untuk berwisata malam di bawah air.

Sophie Rickmers

Nah yang satu ini adalah ikonnya spot diving di Sabang. Di Wreck Shopie Rickmers, kita akan bertemu dengan kapal karam yang sudah ada sejak zaman Perang Dunia II.

Di sini kita harus piawai dalam deep dive. Sebab, lokasi kapalnya berada di kedalaman sekitar 50-70 meter. Bangkai kapal ini tak bisa ditemui semua penyelam. Hanya yang bersertifikasi pro yang bisa menengok langsung kapal perang milik Jerman ini.

Baca artikel lainnya:

Aceh Tengah, Surga Wisata Alam di Atas Awan

Spot Kekinian Sabang, Hamparan Samudera Hindia di Gua Sarang

Menyelami Ramahnya Masyarakat Bajo di Kabalutan

Selami Indonesia dengan melihat keindahan bawah laut di spot yang lain. Jejaki ceritanya lewat Pesona Indonesia.

 

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya