Qantas Lakukan Uji Coba Penerbangan Terpanjang Dunia

Kompas.com - 30/08/2019, 07:00 WIB
Pesawat Qantas Airways Qantas AirwaysPesawat Qantas Airways

KOMPAS.com - Maskapai basis Australia Qantas melakukan uji coba penerbangan yang digandang sebagai penerbangan non stop terpanjang dunia.

Penerbangan tersebut adalah penerbangan dari Sydney, Australia menuju New York, Amerika Serikat dan Sydney, Australia menuju London, Inggris.

Kedua penerbangan tersebut akan menempuh waktu 19 dan 20 jam penerbangan langsung dan rencananya akan mulai beroperasi pada 2022.

Untuk mematangkan rencana tersebut, Qantas bersama perusahaan produsen pesawat Boeing Co. Dreamliners akan melakukan uji coba terbang pada Oktober 2019.

Penerbangan ini bukanlah penerbangan biasa, sebab Qantas dan Boeing melakukan tes kesehatan kepada penumpang dan kru kabin selama di kabin.

"Hal hal yang kami pelajari dalam penerbangan ini akan menjadi hal yang sangat berharga," kata Chief Executive Officer Qantas Alan Joyce dilansir dari Time.

Joyce menyebutkan penerbangan ini akan menjadi gebrakan terbaru bagi dunia aviasi. Terkait uji coba penerbangan yang digelar Oktober mendatang.

Qantas ingin mengamati bagaimana kondisi penumpang dan kru di kabin pesawat selama 20 jam.

Dalan penerbangan uji coba akan menggunakan pesawat Boeing 787-9 yang diisi 40 orang, terdiri dari pilot, kru kabin, dan penumpang.

Sebelum berangkat, 40 orang ini akan mendapat pemeriksaan medis. Kemudian saat di pesawat, mereka akan dipasang alat pemantau kesehatan untuk mengetahui pola tidur, konsumsi, dan hiburan untuk memantai kesehatan dan jam biologis.

Khusus pilot akan mengenekan EEG (electroencephalogram) sebuah alat untuk mendeteksi gelombang otak.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X