Pendapatan Sektor Pariwisata Belum Bisa Gantikan Tambang di Bangka Belitung

Kompas.com - 30/08/2019, 19:00 WIB
Kalau kedua KEK di Pulau Bangka ini bakal disetujui dan sektor pariwisata akan semakin bergairah. Investor dan wisatawan akan memiliki lebih banyak pilihan. KOMPAS.COM/M LATIEFKalau kedua KEK di Pulau Bangka ini bakal disetujui dan sektor pariwisata akan semakin bergairah. Investor dan wisatawan akan memiliki lebih banyak pilihan.

PANGKAL PINANG, KOMPAS.com - Pendapatan dari sektor pariwisata di Kepulauan Bangka Belitung belum bisa menggantikan pendapatan dari tambang timah

Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman mengatakan, timah masih dominan dalam menopang perekonomian, yakni sebesar 26 persen dari Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

“Transformasi dari mining ke tourism memang sedang dilakukan. Tapi tak bisa langsung timah ditinggalkan karena menyumbang 26 persen PDRB,” kata Erzaldi di Ketapang, Pangkal Pinang, Senin (26/8/2019). 

Dia menuturkan, izin usaha pertambangan sejumlah perusahaan saat ini masih berlaku dan operasionalnya berjalan.

Timah yang menjadi komoditi ekspor juga terus dibenahi pemerintah melalui penyediaan gudang dan bursa dalam negeri.

“Jadi kami berusaha mencari titik temu, agar pariwisata berjalan dan timah juga ada,” ujar Erzaldi.

Upaya tersebut kata Erzaldi tidak berjalan mudah, karena masing-masing pihak punya kepentingan.

Bahkan rancangan peraturan daerah terkait zonasi wilayah pesisir masih menggantung pembahasannya.

Poin yang krusial dalam ranperda itu berkaitan dengan pemanfaatan wilayah, meliputi pertambangan, perikanan dan pariwisata.

Sebagaimana diketahui, lintas timur Bangka saat ini dipersiapkan sebagai destinasi pariwisata yang masuk dalam rintisan Kawasan Ekonomi Khusus ( KEK). Keindahan pantai dengan bebatuan granit serta adanya Sungailiat Triathlon Internasional yang rutin dilaksanakan, menjadi argumen pentingnya pariwisata dikembangkan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X