Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Etika Penting Saat Kamu Naik Pesawat

Kompas.com - 31/08/2019, 11:00 WIB
Albert Supargo,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perjalanan dengan pesawat terus berubah seiring perkembangan zaman. Dulu kamu bisa merokok di kabin dan anak kecil dapat bermain di kokpit, sekarang perjalanan udara modern telah menghentikan semua itu.

Hal ini dilakukan maskapai untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan seluruh penumpang.

Oleh karena itu, mungkin sudah saatnya untuk meninjau aturan tidak tertulis untuk penumpang yang bepergian di dunia dengan pesawat.

Situs wisata luar negeri Traveller merangkum enam etika yang harus kamu terapkan saat menaiki pesawat, seperti berikut:

1. Jangan menyimpan terlalu banyak barang di bagasi kabin

Ketentuan bagasi untuk penumpang pesawat kini telah banyak berubah. Banyak maskapai mengenakan biaya tambahan untuk bagasi pesawat dan membatasi barang bawaan ke kabin berdasarkan berat dan ukuran.

Banyak orang mencoba membawa banyak barang ke kabin, mengisi bagasi kabin dan memaksa orang lain untuk menyimpan barang-barang di bawah kursi mereka.

Sebaiknya kamu menghindari hal ini bila tidak ingin mempersulit orang lain.

2. Tahu waktu merebahkan kursi 

Kamu boleh merebahkan kursi, asalkan tahu akan waktu tertentu untuk duduk dalam kondisi tegak. Salah satunya saat pesawat akan terbang atau mendarat, sesi makan, atau jika penumpang di belakang sedang bekerja dengan laptop.

Sebaiknya mintalah izin terlebih dahulu pada penumpang belakang jika ingin merebahkan kursi atau tengoklah kondisi penumpang di belakang kamu. 

3. Sopan terhadap kru kabin

Kru kabin adalah tenaga profesional yang membantu kenyamanan penumpang selama penerbangan. Berlakulah sopan, hormat dan baik kepada kru kabin sehingga bisa memudahkan pekerjaan mereka.

4. Beri pengertian pada anak

Bepergian dengan anak dan balita bukan hal yang mudah. Apalagi jika bepergian dengan mereka dalam jarak penerbangan jauh. Beri edukasi pada anak sebelum bepergian dan ajak penumpang sebelah berkenalan di awal.

Hal ini penting sebagai pembuka untuk membuat kondisi penerbangan tetap nyaman. 

5. Jangan mendengar apapun tanpa earphone

Tidak ada orang lain yang ingin mendengarkan podcast, game yang kamu mainkan atau pilihan lagumu. Jadi pastikan untuk selalu membawa earphone saat terbang di pesawat. 

6. Jangan menarik kursi penumpang lain

Ketika kamu keluar masuk dari kursi, keadaan sempit memang akan membuat keseimbanganmu terganggu. Namun, akan sangat menganggu penumpang lain jika kamu menggunakan kursi di depanmu untuk menjaga keseimbangan.

Ada seseorang yang duduk di kursi itu. Mereka ditarik mundur dengan keras saat kamu melakukan itu. Jika kamu perlu memegang sesuatu, gunakan kursimu sendiri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com