Mendaki dan Berziarah ke Gunung Lawu Saat Malam 1 Suro

Kompas.com - 01/09/2019, 10:38 WIB
Gunung Lawu dilihat dari Bukit Mongkrang Karanganyar. Kompas.com/Anggara Wikan PrasetyaGunung Lawu dilihat dari Bukit Mongkrang Karanganyar.

MAGETAN, KOMPAS.com - Ratusan pendaki dan peziarah mendaki Gunung Lawu pada Malam Tahun Baru Islam atau dalam kalender Jawa adalah Malam 1 Suro.

Berdasarkan pantauan KompasTravel pada Hari Sabtu (31/08/2019) jumlah pendaki dari pintu Cemara Sewu pada pukul 19.3) WIB sudah mencapai 800 orang lebih.

Tidak hanya para pendaki saja yang naik ke puncak Gunung Lawu pada Malam 1 Suro. Para peziarah juga turut memadati gunung setinggi 3265 meter di atas laut (mdpl) ini.

Malam 1 Suro merupakan momen para peziarah untuk melakukan ritual dengan berziarah di beberapa petilasan yang ada di Gunung Lawu.

Salah satu petilasan itu adalah tempat moksa Raja Terakhir Majapahit, Prabu Brawijaya. Petilasa itu ada di Hargo Dalem yang tepat di bawah puncak Hargo Dumilah.

Kerahkan ratusan personel

Untuk mengantisipasi banyaknya pendaki pada Malam 1 Suro ini, pihak Perhutani telah mengerahkan personelnya untuk berjaga.

Mereka berjaga untuk mencegah kebakaran hutan yang rawan terjadi pada puncak musim kemarau 31 Agustus 2019.

Hal itu disampaikan oleh Administratur Perhutani Lawu dan Sekitarnya, Asep Dedi Mulyadi.

"Kurang-lebih hampir 100 anggota kita yang disiagakan. Kita standbykan di sini dan beberapa pos," ujar Asep.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X