Menikmati Akhir Pekan di Jakarta Coffee Week 2019

Kompas.com - 01/09/2019, 11:00 WIB
ILUSTRASI - Kopi di kafe Pixabay/eliasfallaILUSTRASI - Kopi di kafe

JAKARTA, KOMPAS.com - Acara Jakarta Coffee Week (Jacoweek) masih berlangsung hingga hari Minggu, (1/9/2019). Acara yang memasuki tahun keempat ini diselengarakan di PIK Avenue, Jakarta Utara. Sebanyak 120 stand bisa kamu kunjungi pada akhir pekan ini.

Kamu bisa menemukan kedai kopi dari berbagai daerah yang menjajakan kopi andalan mereka. Kopi yang dijual bervariasi dari kopi hitam dan kopi dengan susu, seperti caffe latte dan kopi susu kekinian.

Beberapa roastery juga mengisi acara ini. Para brewer berlomba-lomba menyeduh kopi hitam andalannya dan membagikan sample untuk para pengunjung. Bila cocok dengan rasa kopinya, kamu bisa membawa pulang kopi tersebut dalam bentuk bubuk ataupun biji.

Salah satu demo yang diadakan stand yang berada di Jakarta Coffee Week 2019Albert Supargo Salah satu demo yang diadakan stand yang berada di Jakarta Coffee Week 2019

Kopi yang dijual di event ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti kopi Papua, Sumatera, Jawa dan masih banyak lagi. Selain kopi Nusantara, kamu juga dapat menemukan beberapa kopi dari luar negeri seperti Guantemala, Eithopia dan masih banyak lagi. Salah satu stand juga membagikan kopi jenis Gesha yang disebut sebagai varietas kopi termahal di dunia. Harganya cukup fantastis, untuk kemasan 100 gramnya, kopi varietas ini dibandrol dengan harga Rp500.000-an.


Untuk kamu pecinta kopi, beberapa stand menawarkan alat kopi yang bisa kamu beli. Varian alatnya lumayan lengkap, mulai dari alat membuat kopi seperti dripper, aeropress, filter kopi, server (wadah penampung kopi), timbangan digital sampai wadah penyajian kopi, seperti gelas keramik.

Alat-alat kopi yang dapat kamu beli di Jakarta Coffee Week 2019Albert Supargo Alat-alat kopi yang dapat kamu beli di Jakarta Coffee Week 2019

Bagi kamu yang ingin berkecimpung di bisnis café, beberapa toko juga mempromosikan mesin kopi dengan berbagai merek, dari mesin lokal merek baru hingga mesin luar merek ternama. Stand penjual mesin kopi ini memungkinkan kamu untuk menguji performa mesin sebelum melakukan pemesanan. Tidak jarang beberapa stand ini mengadakan demo membuat kopi ala barista untuk kamu para pemula.

Salah satu mesim kopi yang bisa kamu temui di Jakarta Coffee Week 2019Albert Supargo Salah satu mesim kopi yang bisa kamu temui di Jakarta Coffee Week 2019

Bila kamu berencana berbisnis kopi ke arah hulu, kamu dapat menemukan beberapa merek mesin sangrai yang bisa kamu coba di event ini. Para penjual membubuhkan spesifikasi mesin yang lengkap disetiap mesin yang dipajang. Selebaran dengan informasi yang lengkap juga disediakan para penjual agar kamu dapat menemukan mesin sangrai idamanmu. Bagi para pemula, beberapa stand juga mengadakan pelatihan menyangrai kopi yang baik dan benar.


Selain itu, kamu juga dapat menemukan supplier green bean kopi dari berbagai daerah di Nusantara. Green bean atau biji kopi mentah yang belum disangari, dijajahkan dengan kemasan 500 gram sampai satu kilogram untuk kamu yang ingin mencoba menyangrai kopi sendiri. Peluang kerjasama, juga ditawarkan oleh setiap daerah penghasil kopi di event ini untuk kamu para roaster. Panitia akan mengadakan sesi mencicipi kopi dari berbagai daerah di Nusantara untuk kamu para pemula.

Varian green bean yang bisa kamu dapatkan di Jakarta Coffee Week 2019Albert Supargo Varian green bean yang bisa kamu dapatkan di Jakarta Coffee Week 2019

Setelah puas mencicipi kopi, kamu dapat mengunjungi beberpa stand yang menjual varian selain kopi. Ada stand teh speciality yang menjajahkan berbagai jenis teh Nusantara maupun impor lengkap dengan deskripsi tempat, ketinggian, sampai potensi rasa yang ditimbukan. Ada juga para penjual sirup, bubuk coklat speciality dan varian cemilan teman minum kopi.


Selain eksebisi industri kopi, ada juga dua lomba kopi yang dapat kamu saksikan di sini, salah satunya Indonesia Aeropress Champion 2019. Para brewer atau penyeduh kopi akan berlomba menyeduh mengunakan alat aeropress, yang berbentuk tabung silinder. Pemenang dari kompetisi ini akan diterbangkan ke luar negeri sebagai perwakilan Indonesia di ajang kelombaan aeropress tingkat dunia.

Peserta Indonesia Aeropress Championship sedang mempersiapkan alat untuk bertandingAlbert Supargo Peserta Indonesia Aeropress Championship sedang mempersiapkan alat untuk bertanding

Ada juga Fire & Gas yang merupakan kompetisi menyangrai kopi. Para roaster akan berlomba-lomba menyangrai kopi yang sama di saat yang bersamaan. Kopi yang paling seimbang dari para peserta akan menjadi juara perlombaan ini.

Fire & Gas Competition, Jakarta Coffee Week 2019Albert Supargo Fire & Gas Competition, Jakarta Coffee Week 2019

Kamu juga dapat menyaksikan demo kopi yang dilakukan oleh juara World Barista Champion 2019, Jooyeon Jeon. Selain itu, beberapa juara kopi tingkat nasional akan melakukan demo kopi di beberapa stand yang ada di acara ini.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X