Asal Usul Memek Khas Simelue Aceh, Kuliner yang jadi Warisan Budaya Tak Benda

Kompas.com - 01/09/2019, 16:50 WIB
Memek, kudapan khas Simeuleu, Aceh SERAMBINEWS.COM/BUDI FATRIA Memek, kudapan khas Simeuleu, Aceh

JAKARTA, KOMPAS.com - Nama makanan khas Aceh, memek kian dikenal masyarakat Indonesia pasca-ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia.

Namanya yang unik, rasanya yang nikmat, serta sejarah penemuannya yang unik membuat memek begitu istimewa. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Simeuleu, Abdul Karim mengatakan, menurut legenda, memek ditemukan secara tak sengaja.

Ia berkisah, pada zaman dahulu Pulau Simeuleu yang begitu luas belum memiliki banyak penghuni. Menurutnya, hal ini menyebabkan jarak tempuh antara kampung yang satu dengan yang lain sangat panjang.

"Jarak antar-kampung dan kecamatan ditempuh berhari-hari, melewati gunung, bukit dan lembah. Sehingga apabila bepergian masyarakat harus membawa bekal dalam perjalanan. Apakah itu beras, ikan, garam dan kelengkapan lainnya," ujar Karim saat dihubungi KompasTravel, Minggu (1/9/2019).

Baca juga: Memek, Makanan Khas Aceh yang Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Demi kepraktisan, masyarakat saat itu mulai berfikir hanya membawa bekal berupa beras yang dimasak dengan sedikit air atau digonseng, pisang yang dilumatkan dengan menggunakan pelepah pisang sebagai alat penghancur.

"Lalu masyarakat saat itu mengaduk adonan pisang dan beras yang digonseng tadi, tambah santan, gula dan garam secukupnya. Kemudian dimakan sebagai pengganti nasi untuk mengganjal perut yang sedang lapar," lanjut Karim.

Namun suatu ketika, lanjutnya, bekal perjalan mereka habis, hanya terisa beras ketan saja. Padahal, perjalanan menuju kampung masih sangat jauh.

Sebagai pengganjal perut dalam kondisi darurat, masyarakat setempat mengunyah langsung sisa beras ketan yang ada. Dalam bahasa Simeuleu mengunyah beras disebut mamemek.

"Tentu kita semua tahu bagaimana rasa beras yang hanya dikunyah. Tentu tidak enak," kata Karim.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X