3 Kuliner Medan Wajib Coba, Ada Bakso Isi Durian dan Toge Panyambungan

Kompas.com - 02/09/2019, 12:05 WIB
Isian toge panyabungan terdiri dari bubur candil, tape ketan, bunur ketan item, dan lupis. Kompas.com/Silvita AgmasariIsian toge panyabungan terdiri dari bubur candil, tape ketan, bunur ketan item, dan lupis.

KOMPAS.com - Medan, sebuah kota besar di Provinsi Sumatera Utara yang wajib kamu kunjungi setidaknya sekali seumur hidup.

Kamu bisa bertualang keliling kota menggunakan bentor, maupun transportasi online.

Satu aktivitas yang perlu kamu lakukan di Medan adalah bertualang rasa alias wisata kuliner.

Ada banyak kuliner yang bisa kamu santap di Medan mulai dari pagi hari hingga malam hari.

Berikut KompasTravel himpun sejumlah jajajan yang bisa kamu cicipi di Medan.

1. Bakso durian

Bakso durian dari Bakso Bom, di Medan, Sumatera Utara.Kompas.com/Silvita Agmasari Bakso durian dari Bakso Bom, di Medan, Sumatera Utara.
Jangan heran ketika mendengar kuliner bakso durian. Kamu benar-benar menemukan kuliner bakso durian di Kedai Bakso Bom yang ada di Jalan Ring Road nomor 4-5, Medan.

Baca juga: Ada Bakso Isi Durian, Bagaimana Rasanya?

Bakso durian berdiameter sekitar lima sentimeter. Ketika dibelah, daging durian akan tampak.

Sudah siap makan bakso durian?

2. Mi Balap

Pembagian 10.000 mie balap di Pucuk Coolinary FestivaKompas.com/Silvita Agmasari Pembagian 10.000 mie balap di Pucuk Coolinary Festiva

Untuk hidangan sarapan, kamu bisa coba mi balap. Mi balap sendiri adalah sajian mietiauw (kwetiauw) atau bihun, yang ditumis dengan daun bawang, telur, tauge, dan kecap manis.

Jika ingin tambah topping, kamu bisa menambah boga bahari segar seperti cumi, udang, dan bakso ikan. Wangi semerbak tumisan telur siap menambah nafsu makan kamu.

Baca juga: 10.000 Mie Balap Dibagikan Gratis, Saatnya Mencicipi Mie khas Medan Ini

Mi Balap bisa kamu temukan warung milik Ilham di Jalan Krakatau, Medan. Seporsi mi balap dijual Rp 8.000.

3. Toge Panyabungan

Isian toge panyabungan terdiri dari cendol, bubur candil, tape ketan, bubur ketan item, dan lupis.Kompas.com/Silvita Agmasari Isian toge panyabungan terdiri dari cendol, bubur candil, tape ketan, bubur ketan item, dan lupis.

Toge panyabungan, makanan manis ini berasal dari daerah Panyabungan, Mandailing Natal, Sumatera Utara. Hidangan ini menggunakan aneka kudapan yang tak asing bagi orang Indonesia seperti bubur ketan hitam, cendol, tape ketan, bubur candil, dan lupis.

Baca juga: Toge Panyabungan, Es Segar dari Mandailing Natal Sumut

Hal yang unik semua kudapan tersebut dicampur dalam satu mangkuk kemudian disiram air santan dan gula aren asli. Alhasil jadilan toge panyabungan kudapan manis berkuah.

Jika ingin mencoba toge panyabungan saat di Medan dapat mampir ke warung Khodijah yang terletak di Jalan Gereja, Karya Sei Agul. Warungnya buka dari pukul 11.00- 17.00 WIB.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X