Jangan Sampai Menjadi "Traveler" yang Buruk, Ikuti 8 Aturan Penting Ini

Kompas.com - 03/09/2019, 12:02 WIB
Ilustrasi milenial traveling SHUTTERSTOCKIlustrasi milenial traveling

KOMPAS.com - Menjadi pelancong yang baik adalah usaha yang dilakukan oleh semua orang saat melakukan perjalanan. Usaha untuk menjadi wisatawan baik itu pun akan meninggalkan kesan yang baik juga kepada masyarakat lokal dan lingkungannya. 

Berikut delapan aturan dasar yang mudah dilakukan untuk menjadi wisatawan yang baik menurut SmarterTravel.

1. Baik pada semua orang

Bersikap baik kepada semua orang yang ditemui merupakan hal yang sangat mendasar saat melakukan perjalanan. Meskipun kita terburu-buru seperti terganggu akibat jam penerbangan atau mengalami hari buruk dalam perjalanan, bersikap tenang dan menjaga perilaku akan menghindari kita dari masalah lainnya.

2. Sabar

Biasanya kita akan menjadi tidak sabar saat orang-orang yang berada di depan kita berjalan lambat, jalur keamanan bandara panjang, atau saat terjebak kemacetan.

Tahan semua emosi dengan cara mengambil napas. Jika ditangani dengan amarah, mendorong, atau berteriak pasti tidak akan membantu dan akan menimbulkan masalah baru.

3. Berpakaian yang sesuai

Sebelum berpergian, ada baiknya kita mengetahui pakaian apa yang harus dikenakan. Hal ini bertujuan agar sesuai dengan situasi yang dihadapi atau lokasi yang akan dikunjungi sebagai bentuk untuk menunjukkan rasa hormat.

4. Tidak menganggu hewan

Jika mengunjungi obyek wisata yang berisi hewan pastikan untuk tidak menganggu mereka. Di kebun binatang sendiri terdapat aturan seperti jangan memukul kaca atau memasukan barang ke dalam kandang binatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X