Penjelasan Lengkap 5 Subkelas Kereta di PT KAI

Kompas.com - 03/09/2019, 18:07 WIB
Foto dua keluarga di gerbong kereta, yang diunggah oleh Restoris A Fatiha, ini mendapat respon positif dari netizen. Screenshot Facebook Restoris A FatihaFoto dua keluarga di gerbong kereta, yang diunggah oleh Restoris A Fatiha, ini mendapat respon positif dari netizen.


KOMPAS.com - Saat ini, PT KAI membagi keretanya dengan subkelas yang menyesuaikan dengan target pasarnya. Subkelas PT KAI semakin lengkap dengan hadirnya sleeper train.

Selain sleeper train, PT KAI juga menyediakan beberapa jenis subkelas lain yang memiliki fasilitas yang berbeda-beda. Berikut penjelasan masing-masing fasilitasnya.

1. Ekonomi

Dilengkapi 106 kapasitas kursi, subkelas ini menjadi sektor terbanyak yang dipunyai PT KAI. Selain bangku untuk tempat duduk, kamu juga dapat menemukan stop kontak untuk mengisi daya ponsel atau alat elektronikmu.

Perlu kamu ketahui, daya listik yang diberi dibatasi dengan watt tertentu. Jadi, bijaklah dalam menggunakannya.

Bangkunya tegak dilengkapi dengan busa yang tidak begitu tebal. Untuk kamu yang memiliki masalah punggung, siapakan bantal tambahan dari rumah.

Biasanya PT KAI menyedikan bantal yang bisa kamu sewa selama perjalanan dengan mengeluarkan uang Rp5000. Petugas akan berkeliling menjajahkan bantal-bantal ini. Kereta ekonomi umumnya memiliki stasiun yang berbeda dengan subkelas lain.

2. Ekonomi Premium

Perbedaanya tidak terlalu signifikan dengan subkelas ekonomi. Namun, kapasitasnya yang hanya mencapai 80 penumpang membuat ruang kaki yang lebih luas untuk penumpang.

Bangku juga dapat direbahkan untuk kamu yang ingin sedikit berselonjor. Stop kontak dan AC juga disediakan untuk kamu yang mengambil subkelas ini.

3. Bisnis

Bisa kelas ekonomi memiliki bangku panjang yang menyatu, kelas bisnis memiliki bangku individu. Sau penumpang mendapat jatah satu bangku yang dilengkapi dengan pembatas bangku untuk merebahkan lenganmu.

Satu bangku bisanya disusun dalam dua baris. Kapasitasnya hanya 64 bangku, sehingga kamu memiliki ruang lebih untuk sedikit menyelonjorkan kaki.

Memang bangku kelas bisnis tidak bisa direbahkan, tapi bangku dapat diputar sesuka hati. Jadi, duduk berhadap-hadapan dengan pasangan atau mengobrol dengan penumpang disekitaran bangku tidak menjadi masalah.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X