Walau Dilarang, Kenapa Orang Nekat Beli Tiket Tanpa Terbang di Bandara Changi?

Kompas.com - 06/09/2019, 09:24 WIB
Rain Vortex di Jewel Changi Airport STBRain Vortex di Jewel Changi Airport

KOMPAS.com - Tahun ini tercatat 33 orang telah ditangkap oleh pihak kepolisian Singapura karena penyalahgunaan boarding pass di Bandara Changi, Singapura. Mereka sengaja membeli tiket pesawat agar bisa mampir ke area transit tetapi tidak naik pesawat.

Seperti dikutip dari Straits Times, hal ini terlarang di Bandara Changi. Pemerintahan Singapura menetapkan aturan penyalahgunaan boarding pass.

Baca juga: Dilarang Beli Tiket Tapi Sengaja Tidak Terbang di Bandara Changi, Bagaimana Indonesia?

Kebijakan tersebut menyatakan bahwa siapapun yang mengakses area di Bandara Changi tanpa bermaksud untuk terbang dapat dituntut berdasarkan Undang-Undang Perlindungan Infrastruktur Singapura.

“Penumpang yang memasuki area transit atau bagian dalam Bandara Changi dengan boarding pass hanya boleh ada di sana untuk tujuan bepergian ke tujuan berikutnya," seperti dikutip dari Facebook resmi Singapore Police Force.

Jika melanggar, maka pelanggar didenda hingga 20.000 dollar Singapura (setara dengan Rp 200.000.000) atau dipenjara hingga dua tahun.

Aturan boarding pass di Bandara Changi, SingapuraFacebook/Singapore Police Force Aturan boarding pass di Bandara Changi, Singapura

Walau begitu, ada saja orang yang melanggar aturan tersebut. Seperti baru-baru ini terjadi yaitu pria ditahan karena membeli tiket pesawat agar bisa mengantar istri sampai boarding gate.

Baca juga: Beli Tiket Pesawat Hanya untuk Menemani Istri di Area Transit, Pria Singapura Ditahan

Ada berbagai alasan mengapa 33 orang ini membeli tiket pesawat tanpa terbang, dari alasan romantis hingga ingin bertemu Boy Band Korea. Berikut di antaranya.

Mengantar istri atau teman

Terdengar romantis ketika seorang suami ingin menemani istrinya yang akan pergi ke kota atau negara lain. Sampai-sampai ingin memaksimalkan waktu bertemu dan mengantar pasangan sampai ke boarding gate.

Seperti yang baru-baru ini terjadi pada seorang pria berusia 27 tahun. Ia sengaja membeli tiket dan berniat untuk tidak naik pesawat.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X