Kompas.com - 08/09/2019, 19:08 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Sambel tempoyak merupakan sambel berbahan dasar durian. Sambel ini terbuat dari cabe rawit yang di-uleg (dihaluskan) lalu dicampur dengan durian.

“Bahan-bahannya sederhana yaitu sambel rawit dicampur dengan durian, takarannya seimbangkan antara sambel rawit dan durian sesuai selera,” jelas Rizki, salah satu penjual Tempoyak di Pekan Raya Durian di Blok M Square, Lobby Teras Berlian, Sabtu (7/9/2019).

Untuk menyantap tempoyak ini, kamu bisa menikmatinya dengan kerupuk atau aneka gorengan seperti posang goreng kepok, tempe goreng, tahu isi, dan lain-lain.

Pria asal Lampung itu membagikan cara sederhana bagaimana mengolah kuliner asal kota Palembang dan beberada daerah di Sumatera itu.

“Cuma perlu sambel sama durian. Rawit pertama-tama digoreng tidak usah lama-lama. Lalu dihaluskan dan campur dengan daging durian,” papar Rizky sambil meladeni pengunjung yang mampir di stannya.

Tempoyak menjadi sambal pendamping bagi gorengan pisang kepok dan pisang tandukKompas.com / gabriella wijaya Tempoyak menjadi sambal pendamping bagi gorengan pisang kepok dan pisang tanduk
Rizki mengaku sengaja mengunakan cabai rawit sedikit banyak agar rasa pedasnya terasa tetapi tanpa menghilangkan cita rasa dari durian. Ia memilih menggunakan durian medan agar rasa legit dan tekstur yang padat selarasa dengan cabai.

“Biar pedasnya mantep lebihkan, cabe sedikit. Kan terasa mantep tadi. Duriannya saya juga pakai durian medan, karena teksturnya cocok dan rasanya mantap,” ujar Riski.

Tempoyak memiliki cita rasa pedas dari rawit bercampur dengan rasa manis dari durian. Rasa yang hadir pertama-tama adalah pedas dan disusul dengan rasa dan aroma durian yang kuat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.