Wisata Takengon, Wajib Mampir ke Pantai Ketibung yang Legendaris

Kompas.com - 09/09/2019, 18:04 WIB
Wisatawan naik perahu di Pantai Ketibung, di Desa Bintang, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Minggu (8/9/2019). KOMPAS.com/MASRIADIWisatawan naik perahu di Pantai Ketibung, di Desa Bintang, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Minggu (8/9/2019).


ACEH TENGAH, KOMPAS.com – Ratusan pengunjung berseragam olahraga atasan hijau dan bawahan hitam terlihat meriung di bibir Pantai Ketibung, di Desa Bintang, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Minggu (8/9/2019).

Mereka datang dari Kabupaten Aceh Utara. Melepas penat dalam bentuk gelaran outbond di salah satu obyek wisata favorit keluarga dataran tinggi Gayo itu.

Baca juga: Wisata Arung Jeram Takengon, Sensasi Mengarungi Sungai Pesangan

Untuk menuju ke lokasi tersebut tidak sulit. Wisatawan bisa menggunakan penunjuk arah dari Kota Takengon, ibu kota, Kabupaten Aceh Tengah menuju ke arah Blang Kejeren, Gayo Lues.

Penduduk lokal menyebut arah jalan ke Jalan Bintang lalu masuk kawasan Kebayakan. Baru kemudian masuk ke kawasan Bintang, sebuah kecamatan dalam kabuapten itu.

Jalanan agak menanjak, khas dataran tinggi yang harus dilewati selama 20 menit berkendara roda empat.

Lalu lihatlah di sisi kanan, akan terpampang besar papan nama "Pantai Ketibung-Aceh Tengah". Letak pantai itu berada di bawah, sedangkan jalan lintas di pinggang bukit. Sangat khas wisata alam.

Wisatawan bakar ikan di Pantai Ketibung, di Desa Bintang, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Minggu (8/9/2019). KOMPAS.com/MASRIADI Wisatawan bakar ikan di Pantai Ketibung, di Desa Bintang, Kecamatan Bintang, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, Minggu (8/9/2019).

Saban akhir pekan, wisatawan dari sejumlah daerah di Aceh dan Sumatera Utara kerap singgah ke lokasi ini. Di sana tersedia wahana bermain anak seperti pelosotan dan lain sebagainya.

“Kalau biaya masuk kami kenakan Rp 5.000 per orang. Per mobil Rp 10.000,” kata Aman Wen, pekerja di lokasi wisata itu ramah.

Dia bercerita, wisatawan kerap memasang tenda di bibir pantai yang langsung berhadapan dengan Danau Laut Tawar yang tersohor itu. Bagi Aman Wen, lokasi wisata itu menjadi tempat legendaris sehingga seakan wajib dikunjungi wisatawan.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X