Wisata Wonogiri, Bersantai di Pantai Sembukan yang Masih Sepi

Kompas.com - 09/09/2019, 20:02 WIB
Pantai Sembukan dan pesisir selatan dilihat dari bukit karang. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAPantai Sembukan dan pesisir selatan dilihat dari bukit karang.

WONOGIRI, KOMPAS.com – Kabupaten Wonogiri memiliki pantai-pantai dengan keindahan panorama yang eksotis. Pantai Sembukan menjadi salah satu obyek wisata yang bisa dikunjungi di pesisir selatan Wonogiri.

Pantai yang masuk kawasan Geopark Gunung Sewu ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Pantai Nampu yang sudah banyak dikunjungi. Jika wisatawan ingin mencari alternatif pantai lain selain Nampu yang masih cukup sepi, maka Pantai Sembukan pas untuk dikunjungi.

Baca juga: Menyambangi Kecantikan Pasir Putih Nampu, Pantai Paling Timur Wonogiri

Saat ini Pantai Sembukan masih relatif lebih sepi daripada Nampu. Mereka yang ingin menikmati keindahan panorama alam berbalut ketenagan bisa melakukannya di sana.

Pantai Sembukan tepatnya berada di Desa Paranggupito, Kecamatan Paranggupito, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Jarak tempuh dari Kota Wonogiri adalah sekitar 60 kilometer dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam.

Pantai Sembukan dengan garis pantai yang sempit

Berbeda dengan Nampu yang garis pantai pasir putihnya panjang. Pantai Sembukan hanya memiliki kawasan pasir putih yang tidak terlalu luas.

Meski demikian, wisatawan masih bisa bermain air di kawasan pasir putih yang tidak terlalu luas itu. Akan tetapi saat air laut surut, bibir pantai akan menyisakan hamparan batu dan karang sehingga kurang nyaman untuk tempat bermain air.

Kawasan pasir putih Pantai Sembukan saat air laut surut.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kawasan pasir putih Pantai Sembukan saat air laut surut.

Selain itu seperti lazimnya pantai selatan lain, aktivitas berenang dilarang dilakukan di Pantai Sembukan. Itu karena ombak pantai selatan yang besar sehingga membahayakan siapa pun yang berenang di sana.

Saat air surut, pantai ini paling pas dilakukan untuk foto-foto. Karang yang tidak terjangkau ombak bisa dimanfaatkan wisatawan untuk berfoto di atasnya.

Keindahan pesisir selatan dari bukit karang Pantai Sembukan

Pesona keindahan Pantai Sembukan ternyata baru akan tersaji jika wisatawan berjalan mengikuti jalan setapak yang kondisinya sudah dicor menuju puncak bukit.

Nantinya, pemandangan pesisir selatan yang begitu indah akan menanti di ujung jalan. Waktu tempuh sampai puncak bukit pun tidaklah jauh, yakni hanya sekitar 10-15 menit saja.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X