Cukup Bayar Rp 5.000 untuk Masuk ke 5 Museum di Jakarta Ini

Kompas.com - 10/09/2019, 09:00 WIB
Beberapa museum di Jakarta menawarkan harga tiket masuk yang terjangkau dalam rangka memperkenalkan budaya dan sejarah di Indonesia, khususnya ibukota DKI Jakarta. Dok. Jakarta TourismBeberapa museum di Jakarta menawarkan harga tiket masuk yang terjangkau dalam rangka memperkenalkan budaya dan sejarah di Indonesia, khususnya ibukota DKI Jakarta.


JAKARTA, KOMPAS.com - DKI Jakarta merupakan ibukota yang memiliki banyak nilai sejarahnya sehingga memiliki banyak museum yang menyimpan informasi sejarah dan budaya Indonesia hingga mancanegara.

Pada acara Pagelaran Nilai Tradisi Sejarah Fatahillah hari Minggu 8 September 2019 lalu, terdapat beberapa museum yang turut berpartisipasi untuk memeriahkan pagelaran dan memperkenalkan budaya dan koleksi yang dimiliki masing-masing museum.

Museum-museum yang berpartisipasi itu menawarkan harga yang sama untuk tiket masuknya.

Berikut lima museum di Jakarta yang mempunyai harga tiket masuk seharga Rp 5.000.

Museum Sejarah Jakarta atau yang biasa dikenal masyarakat dengan Museum Fatahillah.Dok. Jakarta Tourism Museum Sejarah Jakarta atau yang biasa dikenal masyarakat dengan Museum Fatahillah.

1. Museum Sejarah Jakarta ( Museum Fatahillah)

Museum Sejarah Jakarta menyediakan informasi mengenai perjalanan panjang sejarah kota Jakarta, sejak masa prasejarah hingga masa kini. Selain itu, museum ini menceritakan kota Jakarta sebagai pusat pertemuan budaya dari berbagai kelompok suku dalam maupun luar Indonesia.

Museum ini menonjolkan peninggalan-peninggalan Belanda yang bermukim di Batavia sejak awal abad 16. Koleksi tersebut terdiri dari mebel, perabot rumah tangga, senjata, keramik, peta, dan buku-buku.

Museum Sejarah Jakarta juga selalu berusaha menyelenggarakan kegiatan yang rekreatif sehingga dapat menarik perhatian pengunjung untuk mengetahui sejarah kota Jakarta dan meningkatkan kesadaran akan pentingnya warisan budaya.

Baca juga: Menguak Sisi Gelap Museum Fatahillah

Museum Sejarah Jakarta terletak di Jalan Taman Fatahillah No. 1, Pinangsia, Tamansari, Jakarta. Pengunjung dapat pergi ke museum ini dengan mengakses rute Transjakarta ke Halte Transjakarta Jakarta Kota atau rute kereta ke Stasiun KRL Jakarta Kota.

Pengunjung dapat menghubungi museum ini ke nomor 021- 6902387.

Museum Tekstil yang berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat.Dok. Jakarta Tourism Museum Tekstil yang berada di Tanah Abang, Jakarta Pusat.

2. Museum Tekstil

Museum Tekstil Jakarta memiliki koleksi berbagai jenis wastra tradisional seperti batik, tenun ikat, songket, sulaman, jumputan, busana dan aneka peralatan pembuatan wastra yang dipamerkan secara berkala dan tematik di ruang pamer utama.

Tidak hanya koleksi museum, koleksi dari para kolektor, desainer, dan berbagai masyarakat pencinta wastra tradisional dipamerkan di museum ini.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X