Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lewat Siji, Cara Beda Nikmati Koleksi Museum Seni Rupa dan Keramik

Kompas.com - 10/09/2019, 10:00 WIB
Ni Putu Dinanty,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Museum Seni Rupa dan Keramik di Pagelaran Nilai Tradisi Sejarah Fatahillah pada hari Minggu, 8 September 2019, memperkenalkan aplikasi baru bernama Siji kepada pengunjung.

Siji adalah platform pengenalan gambar tanpa penanda untuk ponsel pintar yang dirancang untuk mengubah media, merek, dan produk menjadi pengalaman digital yang menyajikan berbagai konten.

Melalui satu aplikasi gratis yang diunduh di ponsel pintar, Siji terbuka dalam mode kamera dan menjadi "lensa" yang mempunyai fungsi interaktif dan kaya akan konten.

Konten yang diberikan bisa berupa augmented reality (AR), tautan web, grafiti digital, foto, audio hingga video.

Tanda yang menunjukkan bahwa lukisan dapat di scan dengan aplikasi Siji.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Tanda yang menunjukkan bahwa lukisan dapat di scan dengan aplikasi Siji.

Pengguna aplikasi ini pada dasarnya dapat memindai (scan) majalah, koran, buku, poster, maupun bungkus produk yang sudah ditandai atau terdaftar di Siji. Kini koleksi lukisan yang ada di Museum Seni Rupa dan Keramik sudah bisa digunakan dengan aplikasi ini.

"Koleksi lukisan yang ada di museum bisa di scan pakai siji, tapi belum semuanya. Cuma yang ada tandanya," ujar Hendra, salah satu penjaga stand Museum Seni Rupa dan Keramik di Pagelaran Nilai Tradisi Sejarah Fatahillah.

Beberapa lukisan dipamerkan pada pagelaran itu dan semuanya bisa di scan dengan aplikasi Siji.

Salah satu lukisan di stand Museum Seni Rupa dan Keramik yang dapat di scan dengan aplikasi Siji. Lukisan ini menceritakan tentang perang gerilya (Seiko) pada tahun 1944 yang dilukis oleh Sudjojono tahun 1968.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Salah satu lukisan di stand Museum Seni Rupa dan Keramik yang dapat di scan dengan aplikasi Siji. Lukisan ini menceritakan tentang perang gerilya (Seiko) pada tahun 1944 yang dilukis oleh Sudjojono tahun 1968.

Pengunjung cukup mengunduh aplikasi Siji secara gratis di Play Store. Setelah itu, daftar sebagai pengguna baru dan aplikasi itu pun sudah bisa dipakai.

Arahkan kamera ponsel pada lukisan yang bisa di scan dengan aplikasi Siji dan tunggu sekitar lima hingga sepuluh detik. Kemudian lukisan pun akan menampilkan video dan foto-foto yang menjelaskan dan menggambarkan lukisan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com