Cerita 30 Ton Sampah Di Balik Keramaian Festival Jak-Japan Matsuri

Kompas.com - 10/09/2019, 11:00 WIB
Raksasa Sampah maskot dari Jakarta Osoji Club Dok. Jakarta Osoji ClubRaksasa Sampah maskot dari Jakarta Osoji Club

JAKARTA, KOMPAS.com - Puluhan kardus tampak menghiasi festival Jak-Japan Matsuri 2019 yang diadakan di Gelora Bung Karno, 7-8 September 2019 yang lalu. Puluhan tempat sampah dapat ditemukan diseluruh penjuru venue acara ini.

Satu set tempat sampah yang terdiri dari tiga kotak kardus yang disarungkan kantong plastik berwarna putih.

Di atas tiap kardus tertulis kategori sampah yang boleh dimasukan, yang terdiri dari sampah daur ulang, sampah non daur ulang, dan sampah organik.

Terlihat juga puluhan orang berkaus putih-hijau dengan sarung tangan tengah memisahkan sampah dengan sebuah jepitan besi, sementara sebagian memungut sampah yang ada di tanah.

Para relawan ini tergabung dalam komunitas Jakarta Osoji Club yang ikut berpartisipasi meramaikan festival ini.

“Osoji berasal dari kata Jepang, yang artinya bersih-bersih. Di Jepang ada organisasi serupa namanya ‘Green Bird’, tapi kita di sini berdiri sendiri,” kata Joseph, Koordinator Komunitas Jakarta Osoji Club.

Klub yang telah berdiri sejak 2012 ini memiliki sekitar 300 orang anggota. Osoji Club sendiri tidak hanya ada di Jakarta, tetapi telah merambah ke beberapa daerah di Indonesia seperti Banyuwangi, Bulukumba, dan Palembang.

Dengan membawa pesan untuk terus menjaga kebersihan, dalam partisipasinya di Jak Japan Matsuri 2019, komunitas ini memusatkan aktivitasnya pada dua kegiatan utama.

Kegiatan pengumpulan sampah yang dilakukan Jakarta Osoji Club saat ditemui di Jak-Japan Festival 2019, Sabtu (7/9/2019)Dok. Jakarta Osoji Club Kegiatan pengumpulan sampah yang dilakukan Jakarta Osoji Club saat ditemui di Jak-Japan Festival 2019, Sabtu (7/9/2019)
Kegiatan pertama adalah dengan menerjukan petugas yang selalu berkeliling ke seluruh area venue untuk membersihkan sampah yang tidak dibuang di tempatnya.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X