Kami Mencari Tahu Mengapa Cosplayer Menyukai Kostum Karakter, Ini Jawabannya...

Kompas.com - 10/09/2019, 12:00 WIB
Suasana acara Festival Jak-Japan Matsuri di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (7/9/2019). Acara ini digelar untuk memeringati 61 tahun hubungan persahabatan Indonesia dan Jepang dengan tema Indonesia & Japan Always Together, yang memiliki makna bahwa Jepang dan Indonesia akan selalu bekerja sama bahu-membahu dalam segala hal. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGSuasana acara Festival Jak-Japan Matsuri di Plaza Tenggara Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Selatan, Sabtu (7/9/2019). Acara ini digelar untuk memeringati 61 tahun hubungan persahabatan Indonesia dan Jepang dengan tema Indonesia & Japan Always Together, yang memiliki makna bahwa Jepang dan Indonesia akan selalu bekerja sama bahu-membahu dalam segala hal.

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada yang menarik di Jak Japan Matsuri 2019 yang diadakan 7-8 September 2019, akhir pekan lalu. Di antara kerumunan pengunjung terdapat beberapa orang yang berpenampilan mencolok, layaknya karakter anime di dalam buku komik.

Cosplay atau Costume Play adalah seni menggunakan kostum dan aksesoris untuk memvisualisasikan sebuah atau seorang karakter. Dengan melakukan kegiatan ini, peserta dapat meniru penampilan dari tokoh dan figure favorit mereka.

“Saya sudah mulai ikut Cosplay sejak tahun 2018. Awalnya karena suka nonton anime, kalau ada karakter yang disukai, saya cosplay karakter tersebut,” ujar Iris, salah satu Cosplayer yang sedang menggunakan kostum Raphalia dari anime ‘The Rising of the Shield Hero’.

Baca juga: Libur Akhir Pekan, Coba Mampir ke Festival Jak-Japan Matsuri 2019

Iris menambahkan, budaya cosplay di Indonesia sudah cukup terkenal dan memiliki peminat yang banyak.

Sebagai elemen utama dalam kegiatan Cosplay, harga kostum sebuah karakter dapat bervariasi tergantung detil, properti, dan aksesoris pendukung, dengan kisaran harga dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

Kostum dapat dibeli di toko kostum yang kebanyakan berlokasi di luar Indonesia.

Iris, salah satu Cosplayer yang sedang menggunakan kostum Raphalia dari anime ?The Rising of the Shield Hero?.Albert Supargo Iris, salah satu Cosplayer yang sedang menggunakan kostum Raphalia dari anime ?The Rising of the Shield Hero?.
Untuk cosplayer pemula biasanya memulai dengan memiliki dua hingga lima buah kostum. Bagi yang sudah ahli dapat memiliki lebih dari 20 kostum.

“Kegiatan ini meningkatkan kreativitas karena untuk meniru karakter diperlukan kostum yang kadang tidak dapat dibeli secara bebas sehingga para peserta harus membuat sendiri kostum dan aksesoris. Dengan membuat kostum sendiri, para peserta juga dapat menghemat biaya dibandingkan membeli,” ujar Iris.

Cosplayer mendapat informasi tentang event yang bisa dikunjungi melalui berita di media sosial atau melalui komunitas Cosplay yang tersebar di berbagai daerah.

Baca juga: Jak-Japan Matsuri 2019, Ketika Pencak Silat dan Karate Satu Panggung

Aini, Cosplayer lain, hari itu menggunakan kostum Tohru dari anime ‘Kobayashi Maid Dragon.

Ia mengatakan bahwa dengan bergabung di komunitas Cosplay, ia dapat mengetahui tidak hanya informasi tentang acara melainkan juga teknik dan tips untuk melakukan kegiatan ini.

Selain itu, cosplayer juga dapat menambah koneksi dan bertukar pikiran tentang ide dan karakter.

“Walaupun lumayan menguras dompet, saya menikmati kegiatan ini sebagai hobi dan juga sarana bertemu orang baru. Harapan saya kegiatan ini dapat terus berkembang luas lagi,” ujar Aini saat diwawancarai oleh KompasTravel di Jak-Japan Matsuri 2019, Sabtu lalu

 

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X