Panas-panas, 5 Minuman Es Asli Indonesia Ini Bikin Segar

Kompas.com - 10/09/2019, 13:06 WIB
Es Tawuran, salah satu minuman segar khas Cirebon, Jawa Barat. Kompas.com/SHERLY PUSPITAEs Tawuran, salah satu minuman segar khas Cirebon, Jawa Barat.

JAKARTA, KOMPAS,com - Teriknya mentari membuat dahaga kering. Untungnya di Indonesia ada banyak pilihan minuman untuk melepas dahaga. Berbagai minuman ini terbilang khas dan mencerminkan daerah masing-masing.

Jika berlibur ke lima daerah di Indonesia ini, jangan lupa untuk mampir sejenak ke warung es dan mencicipi lezatnya es asli Indonesia berikut ini:

1. Es tawuran, Cirebon

Es tawuran adalah minuman es khas Cirebon, Jawa Barat yang terdiri dari Irisan alpukat, timun suri, melon dicampur dengan kuah manis perpaduan santan, susu kental manis, dan es batu membuat minuman ini sangat menyegarkan.

Baca juga: Mudik Lewat Cirebon, Jangan Lupa Cicipi Segarnya Es Tawuran...

Minuman ini juga dilengkapi irisan jelly dan nata de coco, kemudian disajikan di dalam batok kelapa. Sayangnya banyak penjual es tawuran yang kini beralih dari batok kelapa menjadi gelas kaca atau plastik.

Salah satu warung yang menyediakan menu ini adalah Warung Es Taeuran yang terletak di Jalan Ir H. Juanda No.24, Battembat, Kecamatan Tengah Tani, Cirebon, Jawa Barat. Harga Es Tawuran di warung es ini sangat terjangkau, yaitu Rp 10.000 per gelasnya.

Isian toge panyabungan terdiri dari cendol, bubur candil, tape ketan, bubur ketan item, dan lupis.Kompas.com/Silvita Agmasari Isian toge panyabungan terdiri dari cendol, bubur candil, tape ketan, bubur ketan item, dan lupis.

2. Toge Panyabungan, Mandailing Natal

Toge panyabungan, makanan manis khas dari daerah Panyabungan, Mandailing Natal, Sumatera Utara. Hindangan ini menggunakan aneka kudapan yang tak asing bagi orang Indonesia.

Contohnya bubur ketan hitam, cendol, tape ketan, bubur candil, dan lupis. Hal yang unik semua kudapan tersebut dicampur dalam satu mangkuk kemudian disiram air santan dan gula aren asli. Alhasil jadilan toge panyabungan kudapan manis berkuah.

Baca juga: Toge Panyabungan, Es Segar dari Mandailing Natal Sumut

Di daerah asalnya toge panyabungan disantap dalam kondisi hangat, sedangkan di Medan orang-orang lebih suka menyantap dengan kondisi dingin ditambah es.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X