Mengenal Kesenian Teatrikal Jepang Lewat Teater Enjuku

Kompas.com - 10/09/2019, 22:00 WIB
Teater Enjuku, perpaduan drama dan seni bela diri ala Jepang dibalut dengan nanyian dengan dua bahasa, Jepang dan Indonesia Albert SupargoTeater Enjuku, perpaduan drama dan seni bela diri ala Jepang dibalut dengan nanyian dengan dua bahasa, Jepang dan Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Akhir pekan kemarin, Kedutaan Besar Jepang bekerja sama dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta telah menggelar Jak Japan Matsuri 2019 pada 7-8 September 2019 di Gelora Bung Karno, Jakarta.

Dalam acara ini, kamu dapat melihat pengenalan budaya, mencicipi kuliner khas, dan juga menonton pementasan seni baik dari Indonesia dan Jepang.

Salah satu acara yang paling menarik di festival ini adalah penampilan drama teatrikal “Odoro Orochi” yang bercerita tentang pertarungan seorang pemuda untuk melindungi kekasih dan desanya dari ancaman siluman ular.

Keunikan dari pertunjukan ini adalah selain menggunakan bahasa Jepang dan Indonesia dalam narasi dan lagu, teater ini ditampilkan oleh orang Indonesia yang tergabung dalam Teater Enjuku.

“Teater Enjuku adalah teater musikal berbahasa Jepang yang anggotanya berasal dari mahasiswa dari perguruan tinggi di Jakarta dan sekitarnya. Kami membuka pendaftaran anggota setiap satu tahun sekali di bulan Januari. Selama masih berstatus mahasiswa aktif, semua orang dapat mendaftar menjadi anggota melalui audisi,” kata Bila, Ketua Teater Enjuku.

Teater ini memulai penampilan pertamanya di tahun 2008 dan telah menjadi pengisi acara di Jak Japan Matsuri sejak tahun 2010.

Agenda utama dari kelompok ini adalah untuk melakukan penampilan utama yang dilakukan di Jakarta. Menariknya, mulai dari tahun 2014 teater ini juga diundang untuk tampil di Jepang.

Fokus dari pementasan teater ini adalah pada drama yang mengambil latar belakang di Jepang yang dipadukan dengan musik khas Jepang. Atraksi ini juga diramaikan dengan tarian dan seni bela diri.

Danial, Wakil Ketua Teater Enjuku, menambahkan bahwa harapan mereka adalah dapat menyebarkan tidak hanya budaya dan kesenian Jepang, melainkan juga budaya positif lainnya seperti gaya hidup.

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X