5 Makanan Spanyol khas Basque, Etnis Tertua di Eropa

Kompas.com - 11/09/2019, 12:18 WIB
Basque Country adalah sebuah daerah di Spanyol yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Salah satu hidangan ala Basque yaitu Beef Striploin Salad. KOMPAS.com / NI PUTU DINANTYBasque Country adalah sebuah daerah di Spanyol yang sangat populer di kalangan pecinta kuliner. Salah satu hidangan ala Basque yaitu Beef Striploin Salad.


JAKARTA, KOMPAS.com - Basque Country adalah sebuah daerah otonom di utara Spanyol yang populer di kalangan pecinta kuliner dalam beberapa tahun terakhir.

Wilayah yang biasa disebut Euskal Herria oleh masyarakat lokal ini terletak di Spanyol utara berbatasan dengan barat daya Perancis, dekat Teluk Biscay dan Pegunungan Pyrenees Barat.

Menurut sebagian besar ahli sejarah, Basque merupakan salah satu kelompok etnis tertua di Eropa. Basque memiliki bahasa, tradisi dan kulinernya sendiri.

Baca juga: Restoran Instagenic Terbaru di Jakarta, Sajikan Makanan Spanyol ala Basque

Makanan selalu menjadi prioritas utama bagi masyarakat Basque Country dan apresiasi terhadap warisan gastronomi mereka diwujudkan dengan antusiasme untuk menemukan metode memasak, ide-ide baru, dan kombinasi bahan-bahan masakan.

"Masakan Basque terus berkembang, selalu ada penambahan bahan-bahan, rasa dan teknik baru yang menyempurnakan resep yang telah diwariskan dari generasi ke generasi sejak berabad-abad yang lalu," ujar Chef Oskar Urzelai, seorang koki berkebangsaan Spanyol yang mengelola Restoran Txoko Jakarta.

Berikut 5 makanan khas Basque Country, Spanyol:

Salah satu hidangan populer khas Basque, Garlic Prawns pret-a-Porter, andalan Restoran Txoko Jakarta.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Salah satu hidangan populer khas Basque, Garlic Prawns pret-a-Porter, andalan Restoran Txoko Jakarta.

1. Garlic Prawns pret-a-Porter

Hidangan khas Basque ini terbuat dari daging udang mentah yang diiris tipis dan dibakar dengan blow torch bersama bumbu bawang putih.

Grilled Octopus with Boletus Cream adalah gurita bakar yang dihidangkan bersama dengan krim boletus.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Grilled Octopus with Boletus Cream adalah gurita bakar yang dihidangkan bersama dengan krim boletus.

2. Grilled Octopus with Boletus Cream

Gurita yang dipotong-potong dan dibakar dengan ditemani oleh krim Boletus berwarna abu-abu, yang merupakan saus berbasis jamur, sebagai pelengkap protein utama hidangan ini.

Black Rossejat adalah hidangan mie hitam yang dimasak dengan tinta dari cumi-cumi yang dilengkapi dengan berbagai topping, salah satunya seafood. KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Black Rossejat adalah hidangan mie hitam yang dimasak dengan tinta dari cumi-cumi yang dilengkapi dengan berbagai topping, salah satunya seafood.

3. Black Rossejat with Seafood

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X