Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Makanan Spanyol khas Basque, Etnis Tertua di Eropa

Kompas.com - 11/09/2019, 12:18 WIB
Ni Putu Dinanty,
Ni Luh Made Pertiwi F.

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Basque Country adalah sebuah daerah otonom di utara Spanyol yang populer di kalangan pecinta kuliner dalam beberapa tahun terakhir.

Wilayah yang biasa disebut Euskal Herria oleh masyarakat lokal ini terletak di Spanyol utara berbatasan dengan barat daya Perancis, dekat Teluk Biscay dan Pegunungan Pyrenees Barat.

Menurut sebagian besar ahli sejarah, Basque merupakan salah satu kelompok etnis tertua di Eropa. Basque memiliki bahasa, tradisi dan kulinernya sendiri.

Baca juga: Restoran Instagenic Terbaru di Jakarta, Sajikan Makanan Spanyol ala Basque

Makanan selalu menjadi prioritas utama bagi masyarakat Basque Country dan apresiasi terhadap warisan gastronomi mereka diwujudkan dengan antusiasme untuk menemukan metode memasak, ide-ide baru, dan kombinasi bahan-bahan masakan.

"Masakan Basque terus berkembang, selalu ada penambahan bahan-bahan, rasa dan teknik baru yang menyempurnakan resep yang telah diwariskan dari generasi ke generasi sejak berabad-abad yang lalu," ujar Chef Oskar Urzelai, seorang koki berkebangsaan Spanyol yang mengelola Restoran Txoko Jakarta.

Berikut 5 makanan khas Basque Country, Spanyol:

Salah satu hidangan populer khas Basque, Garlic Prawns pret-a-Porter, andalan Restoran Txoko Jakarta.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Salah satu hidangan populer khas Basque, Garlic Prawns pret-a-Porter, andalan Restoran Txoko Jakarta.

1. Garlic Prawns pret-a-Porter

Hidangan khas Basque ini terbuat dari daging udang mentah yang diiris tipis dan dibakar dengan blow torch bersama bumbu bawang putih.

Grilled Octopus with Boletus Cream adalah gurita bakar yang dihidangkan bersama dengan krim boletus.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Grilled Octopus with Boletus Cream adalah gurita bakar yang dihidangkan bersama dengan krim boletus.

2. Grilled Octopus with Boletus Cream

Gurita yang dipotong-potong dan dibakar dengan ditemani oleh krim Boletus berwarna abu-abu, yang merupakan saus berbasis jamur, sebagai pelengkap protein utama hidangan ini.

Black Rossejat adalah hidangan mie hitam yang dimasak dengan tinta dari cumi-cumi yang dilengkapi dengan berbagai topping, salah satunya seafood. KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Black Rossejat adalah hidangan mie hitam yang dimasak dengan tinta dari cumi-cumi yang dilengkapi dengan berbagai topping, salah satunya seafood.

3. Black Rossejat with Seafood

Hidangan mie hitam yang dimasak dengan tinta hitam dari cumi-cumi dan ditambah berbagai makanan laut segar yang gurih. Tidak hanya ditambah makanan laut, topping untuk hidangan ini dapat diganti dengan lauk lainnya, seperti ayam, iga dan ikan.

Black Rossejat biasanya dinikmati dengan saus Ali Oli khas Basque yang berwarna cokelat terang.

Beef Striploin Salad adalah salad yang menggunakan daging sapi striploin.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Beef Striploin Salad adalah salad yang menggunakan daging sapi striploin.

4. Beef Striploin Salad

Seperti salad pada umumnya, hidangan ini diisi oleh banyak sayuran dan paprika merah. Perbedannya terletak pada daging sapi striploin yang dipotong kecil-kecil. Uniknya, salad ini menggunakan popcorn gurih yang tidak memakai bumbu berempah.

Vegetarian Red Carpaccio adalah hidangan untuk vegetarian yang terbuat dari sayur dan buah.KOMPAS.com / NI PUTU DINANTY Vegetarian Red Carpaccio adalah hidangan untuk vegetarian yang terbuat dari sayur dan buah.

5. Vegetarian Red Carpaccio

Hidangan ini cocok untuk vegetarian karena semua bahannya berasal dari sayur dan buah. Keunikan dari hidangan ini terletak di buah semangka yang dipotong dengan bentuk yang menyerupai daging sapi.

Kelima hidangan ini dapat ditemukan di Restoran Txoko Jakarta yang merupakan restoran Spanyol yang memiliki spesialisasi dalam masakan Basque.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com