Spanyol Juga Punya Mie, Cicipi Rossejat Berwarna Hitam

Kompas.com - 11/09/2019, 19:02 WIB
Black Rossejat adalah hidangan mie hitam yang dimasak dengan tinta dari cumi-cumi yang dilengkapi dengan berbagai topping, salah satunya seafood. KOMPAS.com / NI PUTU DINANTYBlack Rossejat adalah hidangan mie hitam yang dimasak dengan tinta dari cumi-cumi yang dilengkapi dengan berbagai topping, salah satunya seafood.


JAKARTA, KOMPAS.com - Txoko Jakarta, restoran Spanyol yang dibuka pada bulan Maret 2019, menghadirkan hidangan otentik dari Basque Country bagi orang-orang Jakarta. Salah satu hidangan yang populer adalah Black Rossejat.

Basque Country merupakan daerah otonom di Spanyol. Kawasan ini dihuni etnis Basque yang merupakan salah satu etnis tertua di Eropa.

Rossejat sendiri sebenarnya berasal dari Catalonia, bukan Basque Country, tetapi masih merupakan salah satu hidangan paling populer di Spanyol.

Baca juga: Restoran Instagenic Terbaru di Jakarta, Sajikan Makanan Spanyol ala Basque

"Rossejat merupakan salah satu hidangan populer di Spanyol, juga cukup populer di Basque Country. Orang-orang memiliki selera dan cara mereka sendiri untuk mencampurkan rossejat di berbagai daerah di Spanyol, misalnya ada yang menambahkan seafood, iga, atau sayuran," ujar Chef Oskar Urzelai, pengelola Restoran Txoko Jakarta.

Black Rossejat disajikan dengan saus Ali Oli, saus berwarna cokelat terang khas Basque. Hidangan ini dibuat dari mi hitam dengan berbagai makanan laut segar yang gurih.

Black Rossejat menggunakan tinta cumi-cumi yang dicampur ke dalam rossejat saat dimasa. Warnanya yang hitam begitu khas. 

Oskar menuturkan bahwa Rossejat dapat disantap dengan lauk apa pun. Namun menurutnya, pasangan paling cocok adalah boga laut seperti gurita, cumi-cumi, kepiting, udang, lobster, dan ikan.

Baca juga: 5 Makanan Spanyol khas Basque, Etnis Tertua di Eropa

Hidangan Black Rossejat yang disajikan di Txoko, dapat dinikmati oleh empat hingga enam orang sehingga cocok dimakan bersama. Hidangan ini juga cocok disantap bersama-sama dalam rangka memperingati perayaan besar dengan teman-teman atau rekan bisnis. 

Tidak hanya dihidangkan dengan mi, hidangan ini dapat diganti dengan nasi sehingga namanya dapat berubah menjadi Black Paella.

Cara masak Black Rossejat dan Black Paella sama. Bedanya hanya bahan karbohidrat, yaitu nasi atau mi. Nasi yang digunakan dalam hidangan Black Paella berasal dari Beras Bomba sehingga ukuran nasinya lebih besar.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X