BJ Habibie, Sate Maranggi dan Cerita Kuliner Indonesia Favoritnya...

Kompas.com - 12/09/2019, 07:00 WIB
Sate Maranggi Cibungur Haji Yetty, Purwakarta. Kompas.com/Silvita AgmasariSate Maranggi Cibungur Haji Yetty, Purwakarta.

KOMPAS.com - Meninggalnya Presiden Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB menyisakan kesedihan yang mendalam bagi masyarakat Indonesia.

Habibie meninggal di usia 83 tahun. Habibie meninggal dunia karena sudah berusia tua sehingga sejumlah organ dalam tubuhnya mengalami degenerasi, salah satunya adalah jantung.

Habibie merupakan sosok teknokrat, negarawan, Bapak Teknologi Indonesia, dan tentu laki-laki yang sangat mencintai istrinya, Hasri Ainun Besari.

Baca juga: Mengenang BJ Habibie Lewat 3 Camilan khas Makasar Favoritnya

Sekali lagi, Indonesia kembali kehilangan putra terbaik bangsa.

Habibie lahir di Parepare, Sulawesi Selatan tahun 1936. Selama hidupnya, ia tak hanya berkutat dengan teknologi pesawat terbang dan kemajuan bangsa Indonesia, melainkan juga ada sisi-sisi humanis yang menarik untuk diketahui.

BJ HabibieDOK. KEMENRISTEKDIKTI BJ Habibie
Berdasarkan catatan Kompas.com, sosok Habibie juga senang berwisata kuliner. Yang pertama, sate maranggi.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi mengingat kebiasaan BJ Habibie jika merayakan hari ulang tahun.

"Saya sering bertemu dengan beliau. Beliau kan, kalau ulang tahun suka makan di rumah makan (sate) maranggi," kata Dedi.

Baca juga: Jembatan Barelang, “Golden Gate” Indonesia Peninggalan BJ Habibie

Sate maranggi sendiri merupakan kuliner khas Purwakarta berbahan daging sapi yang direndam bumbu lalu dibakar.

Habibie bahkan saat tinggal di Jerman dalam rangka studinya juga sering mencari makanan Indonesia.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X