Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat! Bebas Visa ke Korea Khusus Bulan Oktober-Desember 2019

Kompas.com - 12/09/2019, 12:15 WIB
Albert Supargo,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada kabar baik untuk kamu yang berencana pergi ke Korea Selatan.

Berdasarkan rilis siaran pers Kedutaan Besar Korea untuk Indonesia yang diterima KompasTravel, Rabu (11/9/2019), Pemerintah Republik Korea telah memutuskan untuk memberikan bebas biaya visa dalam waktu terbatas selama 3 bulan.

Kebijakan ini hanya berlaku untuk warganegara Indonesia (WNI) dan semua warganegara ASEAN.

Bebas biaya visa ke Korea Selatan berlaku mulai tanggal 1 Oktober hingga 31 Desember 2019. Kamu yang ingin mengunjungi Korea dapat mengajukan permohonan visa tanpa membayar biaya visa selama periode tersebut.

Pengajuan bebas visa ini, berlaku mulai tanggal 1 Oktober 2019 sampai dengan 31 Desember 2019.

Baca juga: 6 Obyek Wisata Ramah Muslim di Korea Selatan

Tipe visa yang termasuk program ini hanya berlaku untuk tujuan “kunjungan singkat” (C-3) dan Single entry (klasifikasi visa C-3). Visa C-3 berlaku untuk satu kali dengan waktu kunjungan 30 hari dan maksimum 90 hari.

Pengajuan visa tipe C-3 akan dibebaskan dari biaya visa sebesar USD 40 atau sekitar Rp540.000, tapi kamu tetap harus membayar biaya administrasi Korea Visa Application Center (KVAC) dengan biaya Rp196.000.

Masa proses mulai dari hari pertama pasca pengajuan hingga penerbitan visa Single Trip memakan waktu 6 hari kerja, sedangkan Multiple visa dan Group Visa 2 hari kerja

Kebijakan ini diluncurkan dalam rangka peringatan 30 tahun telah berlangsungnya Dialogue Partnership Korea Selatan dengan negara-negara ASEAN yang dirayakan dengan penyelengaran ASEAN- Republic of Korea Commemorative Summit di Busan, Korea Selatan.

Baca juga: Anda Berhak Dapat Visa Korea Selatan yang Berlaku 10 Tahun, jika...

Duta Besar Republik Korea untuk Indonesia, H.E Kim Changbeom berharap ASEAN-Republic of Korea Commemorative Summit dan program bebas biaya visa dapat memberikan kesempatan dan pengalaman bagi banyak warganegara indonesia yang ingin menikmati keindahan alam dan kebudayaan Korea.

Minat warganegara Indonesia untuk mengunjungi Korea semakin meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2018, Kedutaan Besar Republik Korea untuk Indonesia telah menerbitkan total 157,924 visa dan berdasarkan jumlah visa yang diterbitkan terdapat peningkatan sebanyak 15 persen setiap tahun.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com