Mengenang BJ Habibie di Ruang Sejarah Museum Bank Mandiri

Kompas.com - 12/09/2019, 13:10 WIB
Museum Bank Mandiri di kawasan Kota Tua KOMPAS.COM/TRI WAHYUNIMuseum Bank Mandiri di kawasan Kota Tua

JAKARTA, KOMPAS.com - Wafatnya Presiden Indonesia ketiga Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie pada Rabu (11/9) pukul 18.05 WIB meninggalkan duka mendalam.

Jasa-jasa BJ Habibie tercatat di segala bidang mulai dari teknologi penerbangan, demokrasi, kebebasan pers, dan segala bidang lainnya tak terkecuali di bidang ekonomi.

Pada BJ Habibie, empat bank pelat merah adalah Bank Bumi Daya (BBD), Bank Dagang Negara (BDN), Bank Ekspor Impor Indonesia (Bank Exim), dan Bank Pembangunan Indonesia (Bapindo) bergabung menjadi Bank Mandiri.

Baca juga: BJ Habibie, Sate Maranggi dan Cerita Kuliner Indonesia Favoritnya...

Hal itu dilakukan dengan membentuk bank baru yang memiliki fungsi yang lebih beragam, dengan penggabungan modal dari keempat bank dan tambahan dari pemerintah.

Kurator Museum Bank Mandiri, Kartum Setiawan mengatakan nama Bank Mandiri diharapkan agar bank ini tidak hanya bergantung pada pemerintah sehingga tidak menjadi beban pemerintah.

"Habibie berharap Bank Mandiri tidak lagi memperoleh proteksi, subsidi dan fasilitas lainnya. Bank Mandiri harus hidup dan berkembang karena pasar," kata Kartum saat dihubungi KompasTravel, Kamis (12/9).

Baca juga: Cinta Habibie-Ainun Abadi di Monumen Cinta Sejati Parepare

Kartum mengatakan jasa-jasa Habibie dalam pembentukan Bank Mandiri bisa dilihat di Museum Bank Mandiri. Cerita Habibie terkait Bank Mandiri bisa dilihat pengunjung di Museum Bank Mandiri.

"Di Museum Mandiri ditampilkan sebuah panel yang menceritakan peran Pak Habibie dalam terbentuknya Bank Mandiri, 2 Oktober 1998," katanya.

Panel yang berisi peran BJ Habibie dalam pembentukan Bank Mandiri bisa dilihat di bagian ruang sejarah Bank Mandiri.

Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X