Menengok Kesiapan 5 Destinasi Wisata Super Prioritas di Indonesia

Kompas.com - 12/09/2019, 15:00 WIB
Sitti Rohmi Djalilah Wakil gubernur Nusa Tenggara Barat sedang presentasi di Rakornas Kementrian Pariwisata Indonesia Kompas.com / gabriella wijayaSitti Rohmi Djalilah Wakil gubernur Nusa Tenggara Barat sedang presentasi di Rakornas Kementrian Pariwisata Indonesia

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah fokus mengembangkan destinasi wisata super prioritas yakni Danau Toba di Sumatera Utara, Borobudur di Magelang Jawa Tengah, Mandalika di Nusa Tenggara Barat ( NTB), Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur ( NTT), dan Likupang di Sulawesi Utara.

Dalam acara Rakornas Kementerian Pariwisata Indonesia pagi ini, kelima wakil daerah dari masing destinasi wisata super prioritas dihadirkan untuk mengemukakan kesiapan dalam menyambut serta memfasilitasi para wisatawan.

“Kami memfasilitasi wisatawan, dengan mengembangkan tempat ibadah, mendirikan hotel, restoran, dan pada aksesbility, kendaraan-kendaraan yang bisa mengantar keliling Danau Toba. Kami akan mengembalikan alam Danau Toba dengan kembali. Dalam sisi budaya kami akan perkuat budaya ada 7 etnis, yang melingkari Danau Toba tersebut” ujar Edy Rahmayadi Gubernur Sumatera Utara saat mengisi salah satu sesi di Rakornas Kementrian Pariwisata Indonesia, di Swiss Hotel PIK Avenue, Jakarta, (11/09/2019)

Pemandangan Danau Toba di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (19/4/2015). Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia yang tercipta dari hasil letusan gunung berapi raksasa (supervolcano) pada 75.000 tahun silam.KOMPAS.com / RODERICK ADRIAN MOZES Pemandangan Danau Toba di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Minggu (19/4/2015). Danau Toba merupakan danau terbesar di Indonesia yang tercipta dari hasil letusan gunung berapi raksasa (supervolcano) pada 75.000 tahun silam.

Selain Gubernur Sumatera Edy Rahmayadi hadir juga Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Ganjar mempresentasikan hal-hal yang disiapkan oleh pemerintah menggarap objek wisata Borobudur.

“Pemerintah Jawa Tengah mempersiapkan wisata Borobudur dengan meningkatkan tingkat kebersihannya. Di mana sampah masih menjadi fokus kami agar wisata Borobudur tetap terjaga dan semakin bersih. Selain di Borobudur Jawa Tengah juga sedang mengembangkan Sangiran, Dieng, Pangandaran, dan Nusa Kambangan” jelas Ganjar Pranowo.

“Kita juga ada event internasional seperti Borobudur Maraton, di mana sudah saya promosikan di Tokyo, London dan pada saat itu sudah daftar peserta dari Jerman, juga banyak event-event di Solo sebagai daya tarik lainnya” lanjutnya.

Baca juga: Harapan agar Borobudur Marathon Jadi Maraton Terbaik di Indonesia

Berikutnya, Mandalika salah satu dari 5 daerah destinasi super prioritas akan dibangun sirkuit MorotGP pada tahun 2021. Hal itu dijelaskan oleh Sitti Rohmi Djalilah Wakil Gubernur Nusa Tenggara Barat.

“Kawasan Mandalika tahun 2021 akan dibangun sIrkuit Moto GP. Ke depan akan ada hotel-hotel di resto dan bandara di sekitarnya. Untuk bandara sendiri sudah mulai pembangunanannya dari runaway dan terminal,serta sudah dibangun rumah sakit” paparnya.

Mengingat kawasan NTB ialah kawasan rawan bencana, Sitti Rohmi Djalilah juga menyatakan kesiapan pemerintah dalam melindungi wisatawan yang berpergian ke kawasan NTB jika terjadi gempa.

Baca juga: Penerbangan Perdana AirAsia ke Labuan Bajo

“Akan disediakan untuk kesiapan mitigasi bencana, kita sadar bahwa kawanan kami ialah kawasan rawan bencana. Maka kami harus siap dan sigap dalam menangani bencana” jelas Sitti Rohmi Djalilah.

Sitti Rohmi juga menyampaikan bahwa terdapat wisata halal yang ada di Lombok, bagi wisatawan muslim agar dapat berwisata di Lombok dengan nyaman “Lombok sebagai destinasi halal, jadi jangan ragi untuk berpergian ke Lombok” ungkapnya.

NTT juga menyampaikan kesiapannya dengan membuka penerbangan langsung menuju Labuan Bajo tanpa transit ke daerah-daerah lainnya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X