Share this page

Ada Pohon Cemara Udang di Pantai Lombang

Kompas.com - 12/Sep/2019 , 16:09 WIB

Ada Pohon Cemara Udang di Pantai Lombang

KOMPAS.com - Pernahkah Anda mendengar soal pohon cemara udang? Pohon cemara ini hidup di daerah pesisir, tak seperi spesies cemara lain yang biasanya hidup dipegunungan.

Pohon ini biasa ditemukan di Tiongkok. Akan tetapi ternyata ada juga di Indonesia.

Cemara udang hidup di Jawa Timur, Pulau Madura, tepatnya di pantai bernama Lombang. 

Pantai Lombang baru ditemukan sekitar tahun 2000, dan tidak butuh waktu lama buat mempopulerkan pantai ini sebagai tempat wisata. Sebab, pantai Lombang punya beberapa keistimewaan.

Salah satunya adalah garis pantai yang cukup panjang, yaitu sekitar 12 kilometer. Pantainya yang berpasir putih bikin betah siapapun yang mendatanginya. Ombaknya juga cukup bersahabat. Ini karena letak pantai Lombang yang menjorok ke daratan seperti teluk. Jadi, aman untuk libutan bersama keluarga.

Salah satu fenomena langka yang bisa kita lihat di sini adalah adanya pohon cemara. Meskipun Padahal cemara biasa tumbuh di daerah pegunungan. Uniknya lagi, pohon cemara di pantai Lombang. Ya cemara udang itu tadi. 

Dinamakan begitu karena bentuknya tidak meruncing ke atas, tapi bungkuk dan mirip seperti capit udang. Ini yang membuat warga lokal menamakannya cemara udang.

Menurut cerita warga sekitar, ada sekelompok penjelajah asal Tiongkok di bawah pimpinan Jenderal Ong Kong Heng sampai di Laut Jawa yang bertujuan berkunjung ke Kerajaan Majapahit. Sayangnya, sebelum sampai di Majapahit kapalnya kandas di Semarang, dan Sang Jenderal meninggal dunia.

Sisa pasukan yang berusaha melanjutkan perjalanan pun tak berhasil mendarat, karena kapal mereka kandas juga di Kepulauan Masalembu, kepulauan kecil di tengah Laut Jawa di antara Pulau Madura dan Kalimantan.

Banyak prajurit yang tewas dan barang-barang bawaan mereka hanyut di laut. Termasuk bibit cemara udang yang akhirnya terdampar di pantai Lombang. Itulah asal-usulnya. Menemukan Pantai Lombang tak sulit kok. Lokasinya ada di Desa Lombang, Kecamatan Batang Batang, Kabupaten Sumenep. 

Letaknya yang berada di ujung pulau, membuat wisatawan mesti melakukan perjalanan cukup jauh. Dari jembatan Suramadu ke pantai Lombang kiranya membutuhkan waktu tempuh sekitar 4-5 jam. Jadi, siapkan perbekalannya yang cukup dalam perjalanan, ya!

Baca artikel lainnya:
Keunikan Pantai Badur Sumenep yang Bikin Kita Betah

Tergoda Racikan Madura yang Legit Menggoyang Lidah

Menengok Pembuatan Garam Tradisional di Madura

Selami kekyaan Indonesia lewat destinasi yang lain. Cari informasinya lewat Pesona Indonesia.

KOMENTAR

Lihat Keajaiban Lainnya