Kenangan Pramusaji Rumah Makan Padang Sari Bundo tentang BJ Habibie

Kompas.com - 12/09/2019, 17:04 WIB
Foto BJ Habibie di Rumah Makan Padang Sari Bundo Jakarta. KOMPAS.COM / YANA GABRIELA WIJAYAFoto BJ Habibie di Rumah Makan Padang Sari Bundo Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - Sering menyantap makanan di Rumah Makan (RM) Padang Sari Bundo membuat BJ Habibie akrab dan memiliki hubungan yang dekat dengan para pramusaji di Rumah Makan Padang itu.

Salah satunya adalah Rizal. Ia selalu melayani Presiden Indonesia ketiga jika berkunjung ke RM Sari Bundo yang terletak di Jalan Juanda No. 27, Jakarta.

Pramusaji yang sudah merantau ke Jakarta sejak tahun 1977 itu juga menceritakan sosok BJ Habibie ialah sosok yang rendah hati.

Baca juga: Cinta Habibie-Ainun Abadi di Monumen Cinta Sejati Parepare

Ia pun mengenang bagaimana Presiden yang memiliki peran penting di industri penerbangaan itu mempromosikan ayam goreng garing, hidangan kesukaannya di Rumah Makan Padang Sari Bundo kepada tamu-tamu yang berada di sana.

"Orangnya baik, sama tamu-tamu juga sangat baik. Tamu-tamu di sini disapa satu persatu. Dia (BJ Habibie) sambil salaman sambil bilang "Ayam gorengnyanya enak, cobain ya". Gitu katanya, " jelasnya kepada KompasTravel saat ditemui di Rumah Makan Padang Sari Bundo Jakarta, Rabu (12/9) siang.

Ayam Goreng yang digoreng garing garing dan sambel pete hidangan dari RM Sari Bundo, hidangan ini menjadi santapan yang digemari oleh Alm. BJ HabibieKOMPAScom / Gabriella Wijaya Ayam Goreng yang digoreng garing garing dan sambel pete hidangan dari RM Sari Bundo, hidangan ini menjadi santapan yang digemari oleh Alm. BJ Habibie

"Dia sama tamu juga sangat akrab, disapa semuanya. Itu pernah dia sudah masuk mobil terus ada yang minta foto, bilang gitu 'Pak saya mau foto' beliau turun lagi dari mobil dan foto bareng sama yang minta foto itu. Sangat baik sama pegawainya, kalo datang dia yang tanya kabar saya. 'Bagaimana Rizal baik-baik?'. Baik orangnya, sama siapa saja disapa," lanjut Rizal.

Baca juga: Bisa Habiskan 18 Potong Ayam Goreng, Ini RM Padang Favorit BJ Habibie

Rizal merasakan kehilangan seorang sosok pemimpin yang rendah hati dan hangat. Ia mengenang bagaimana sosok BJ Habibie ini yang sering menanyakan kabarnya dan para pramusaji lainnya.

Pria yang sudah 15 tahun bekerja di RM Sari Bundo itu menceritakan kisahnya saat sedang beribadah ia dipanggil oleh BJ Habibie untuk menyajikan ayam goreng.

"Pernah suatu saat saya sedang sholat, tiba-tiba ada yang manggil, kalau Bapak Habibie itu cari saya. Sangat baik sama pegawai-pegawai sini," paparnya.

Baca juga: Mengenang BJ Habibie, Ini 10 Obyek Wisata di Parepare

BJ Habibie juga sering mengundang tamu dari luar negri seperti Jerman dan diajak untuk mencicipi ayam goreng garing kesukaanya di RM Sari Bundo. Rizal menceritakan BJ Habibie yang mengenalkan dirinya dengan petinggi-petinggi dari Jerman.

"Waktu yang tamunya bapak datang dari Jerman dikenalkan dengan saya. Saya pikir ya saya ini siapa kok dikenalkan dengan petinggi-petinggi dari Jerman. Makannya bapak itu baik sekali. kerasa di hati itu sangat kerasa sekali kalo bapak ini orang baik," tambah Rizal.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X