Ayam Goreng Kesukaan BJ Habibie, Garingnya Beda!

Kompas.com - 12/09/2019, 18:00 WIB
Ayam Goreng Garing dari RM Sari Bundo yang dimasak dengan sederhana. KOMPAScom / Gabriella WijayaAyam Goreng Garing dari RM Sari Bundo yang dimasak dengan sederhana.


JAKARTA, KOMPAS.com - Almarhum BJ Habibie sering kali datang ke Rumah Makan Padang Sari Bundo yang terletak di Jalan Ir. Juanda, Jakarta dan menyantap hidangan ayam goreng garing.

Kelezatan ayam goreng juga BJ Habibie kepada petinggi dari Jerman untuk mencicipi hidangan kesukaannya itu.

Baca juga: BJ Habibie, Sate Maranggi dan Cerita Kuliner Indonesia Favoritnya...

"Kalau pulang dari mana, kayak habis pulang dari Jerman itu langsung ke sini langsung makan ayam gorengnya itu. Bapak ini sangat baik pernah ada tamu dari Jerman diajak cicipi ayam goreng disini dan makanan-makanan di sini," jelas Rizal, salah satu pramusaji yang sering melayani BJ Habibie saat ditemui di Rumah Makan Padang Sari Bundo, Jakarta, (12/9) malam.

Sebelum berpulang, BJ Habibie sempat menyantap makanan kesukaannya itu beberapa waktu yang lalu.

"Terakhir dateng di sini belum lama, beberapa waktu lalu tahun ini," jelas Rizal.

Saat ditanya bagaimana cara membuat dan apa saja bumbu yang di gunakan untuk mengolah Ayam Goreng Garing dari RM Sari Bundo, Rizal sempat menjabarkannya.

Baca juga: BJ Habibie Suka Makan Barongko, Apakah Itu?

"Sebenarnya yang goreng biasa, ayam goreng kita yang kering itu enggak kayak ayam goreng yang di luar sana. Enggak kayak yang lain-lain beda, garing gitu. Kalau di sini kan pakai ayam kampung," paparnya.

Foto BJ Habibie di Rumah Makan Padang Sari Bundo Jakarta.KOMPAS.COM / YANA GABRIELA WIJAYA Foto BJ Habibie di Rumah Makan Padang Sari Bundo Jakarta.

Ia menyebut bumbu yang digunakan adalah bawang putih, bawang merah, garam, jahe dan bumbu lainnya.

Semua bahan bumbu itu dihaluskan lalu dilumuri ke ayam kampung yang sudah dipotong.

"Ya dada, ya paha. Didiamkan sebentar. Lalu digoreng minyaknya panas. Digoreng sampai coklat keemasan, sampai mengambang gitu baru diangkat," lanjut Rizal.

Tekstur yang dihadirkan oleh ayam goreng garing ini adalah kerenyahan dari daging ayam kampung.

Karena teknik menggoreng tersendiri, daging dari ayam kampung menjadi empuk tetapi juga renyah di luar.

Rasa gurih tidak pekat tetapi terasa sedikit dari daging ayam goreng garing ini. Ayam ini sangat cocok jika disantap dengan nasi hangat, dan sambal pete dari RM Sari Bundo.

 

Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X