Tidak Hanya Kari, Ini Beragam Pilihan Makanan India

Kompas.com - 12/09/2019, 20:03 WIB
Thali, penyajian dalam mangkuk-mangkuk kecil dari beberapa hidangan khas India PixabayThali, penyajian dalam mangkuk-mangkuk kecil dari beberapa hidangan khas India

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika menyebut makanan India maka yang teringat pertama kali biasanya kari. Namun, di India sendiri, setiap daerahnya memiliki makanan khas masing-masing.

Baca juga: Menemukan Makanan India di Jakarta

Chef Amninder Sandhu, koki perempuan asal India menjelaskan pemetaan makanan daerah di India. Ia juga memberikan rekomendasi makanan yang harus dicoba di daerah-daerah tersebut.

“Ketika kamu datang ke India bagian utara, kamu harus mencoba “butter chicken” (makanan tradisional ayam mentega), kebab, dan makanan tradisional di sana. Di India bagian utara juga banyak makanan pedas,” kata Chef Amninder Sandhu, saat ditemui di Jakarta Selasa (10/09/2019).

Sementara itu, lanjut Amninder, daerah selatan India lebih banyak menggunakan seafood. Beda lagi dengan daerah timur India, yang banyak dengan hidangan dessert karena terkenal sebagai daerah produsen susu.

"Dan untuk bagian barat adalah perkumpulan orang vegetarian dan jika kamu pergi ke sana jangan lupa untuk mencoba thali,” paparnya.

Thali adalah kata Hindi yang berarti "piring besar". Thali makanan mengacu pada berbagai masakan (baik vegetarian maupun non-vegetarian), disajikan dalam mangkuk kecil yang disebut (Katori dalam bahasa Hindi) yang disusun di atas Thali, atau sebuah piring.

Singkatnya, Thali adalah keseluruhan makanan di atas piring tunggal yang besar.

Salah satu maincourse dari menu From Mumbai With Love yaitu Mamas salah satu masakan andalam Chef Aminder Sandhu kari khas India yaitu makanan tradisional India, kari KOMPAScom / Gabriella Wijaya Salah satu maincourse dari menu From Mumbai With Love yaitu Mamas salah satu masakan andalam Chef Aminder Sandhu kari khas India yaitu makanan tradisional India, kari

Chef Amninder juga merekomendasikan Ladu, salah satu makanan penutup khas India yang terbuat dari ubi.

”Kamu juga dapat mencoba ladu, ini adalah makanan penutup yang rasanya sangat manis,” tuturnya.

Ia juga menceritakan bagaimana makanan di India yang dinikmati langsung di negaranya akan terasa berbeda dengan makanan India yang dijual di negara-negara lain.

Baca juga: Ternyata, Opor Perpaduan Kari dari India dan Gulai dari Arab

“Di luar india banyak sekali makanan India, tapi itu tidak sepenuhnya memiliki citarasa india. Dan ketika orang-orang membuka restoran di luar india, ia sudah membukanya sangat lama dan tidak pernah kembali ke india. Banyak sekali resep dari India yang negara lain tidak miliki,” ujarnya.

Ia memberi contoh seperti hidangan kebab. Menurutnya, kebab di India menggunakan olahan daging kebab dengan tekstur yang sangat lembut. Berbeda dengan tekstur daging kebab India yang dijual di luar negara India.

"Kamu tidak perlu mengunakan gigimu untuk mengunyahnya. Ketika di india, orang-orang sangat serius dalam memasak dan hidangan di India tidak akan kamu temukan di negara lain,” lanjut Amninder Sandhu.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X