BJ Habibie dan Kenangan di RM Padang Sari Bundo Jakarta

Kompas.com - 13/09/2019, 06:11 WIB
Rumah Makan Sari Bundo tampak depan yang terletak pada Jalan Juanda No.27 Jakarta. KOMPAScom / Gabriella WijayaRumah Makan Sari Bundo tampak depan yang terletak pada Jalan Juanda No.27 Jakarta.

JAKARTA, KOMPAS.com - "Kalau Bapak ( BJ Habibie) sukanya ayam goreng, bagian paha kalau dulu sebelum sakit, ayam goreng bisa 18 potong, bagian paha dihabiskan sendiri," ujar Rizal, pramusaji yang sudah berkerja selama 15 tahun di Rumah Makan Padang Sari Bundo Jakarta.

Bacharuddin Jusuf (BJ) Habibie semasa hidupnya ternyata punya kegemaran untuk menyantap kuliner ayam goreng. Berdasarkan cerita Rizal, BJ Habibie seringkali mampir ke Rumah Makan Padang Sari Bundo Jakarta.

"Kalau pulang dari mana, kayak habis pulang dari Jerman itu langsung ke sini langsung makan ayam gorengnya itu," ujar Rizal.

Baca juga: RM Sari Bundo, Rumah Makan Padang Favorit Para Presiden termasuk BJ Habibie

Kegemaran Habibie menikmati ayam goreng di Rumah Makan Padang Sari Bundo cukup menarik. Ia tak ragu untuk melahap 18 potong paha ayam yang tersaji hangat.

"Nasinya sedikit, memang bapak paling suka ayam goreng itu dan paling suka bagian paha. Ayamnya kalo pas panas-panasnya langsung lahap makannya bapak," paparnya.

Ayam Goreng yang digoreng garing garing dan sambel pete hidangan dari RM Sari Bundo, hidangan ini menjadi santapan yang digemari oleh Alm. BJ HabibieKOMPAScom / Gabriella Wijaya Ayam Goreng yang digoreng garing garing dan sambel pete hidangan dari RM Sari Bundo, hidangan ini menjadi santapan yang digemari oleh Alm. BJ Habibie

Ternyata ada rahasia di balik ayam goreng kegemaran Habibie. Rizal sempat membeberkan rahasia ayam goreng yang membuat Habibie dengan lahap menyantapnya.

"Sebenarnya yang goreng biasa, ayam goreng kita yang kering itu enggak kayak ayam goreng yang di luar sana. Enggak kayak yang lain-lain beda, garing gitu. Kalau di sini kan pakai ayam kampung," paparnya.

Baca juga: Bisa Habiskan 18 Potong Ayam Goreng, Ini RM Padang Favorit BJ Habibie

Bahan-bahan yang digunakan sebagai bumbu ayam goreng adalah bawang putih, bawang merah, garam, jahe dan bumbu lainnya.

Semua bahan bumbu itu dihaluskan lalu dilumuri ke ayam kampung yang sudah dipotong.

"Ya dada, ya paha. Didiamkan sebentar. Lalu digoreng minyaknya panas. Digoreng sampai coklat keemasan, sampai mengambang gitu baru diangkat," lanjut Rizal.

Foto BJ Habibie di Rumah Makan Padang Sari Bundo Jakarta.KOMPAS.COM / YANA GABRIELA WIJAYA Foto BJ Habibie di Rumah Makan Padang Sari Bundo Jakarta.

Tekstur ayam goreng garing adalah kerenyahan dari daging ayam kampung.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X