Sambal Sagela Kesukaan BJ Habibie, Apa Bedanya dengan Sambal Roa?

Kompas.com - 13/09/2019, 21:08 WIB
Pisang Goroho yang disantap dengan sambal sagela makanan khas dari Gorontalo pesona IndonesiaPisang Goroho yang disantap dengan sambal sagela makanan khas dari Gorontalo


JAKARTA, KOMPAS.com - Memiliki darah Gorontalo dari sang Ayah Alwi Abdul Jalil Habibie, BJ Habibie gemar menyantap sambal khas dari Gorontalo yakni sambal Sagela.

Semasa mudanya, Bapak Teknologi Indonesia ini sering pulang ke Gorontalo untuk bersilahturahmi dengan sanak saudara. Tak lupa BJ Habibie sering membawa sambal Sagela sebagai buah tangan.

Baca juga: Ayam Goreng Kesukaan BJ Habibie, Garingnya Beda!

Namun sebenarnya apa itu sambal sagela? Apa bedanya dengan sambal roa yang juga merupakan sambal terkenal dari daratan Sulawesi itu?

Dihubungi KompasTravel, salah satu chef dari Hotel Maqna Gorontalo, Stenly Wongkar membeberkan apa itu sambal sagela.

" Sambal yang diolah dengan ikan roa. Ikan roa diasapin dan menjadi kering. Jadi ya ikan roa yang sudah diasapin, hingga kering, baru diolah menjadi sambal," jelas Stenly saat dihubungi oleh KompasTravel, Jumat, (13/09/2019) siang.

Sambal dari Gorontalo ini sama-sama mengunakan bahan dasar ikan roa yang sama dengan sambal roa.

Stenly menjelaskan bahwa pada dasarnya kedua sambal ini ialah sambal yang sama. Sama-sama mengunakan ikan roa sebagai bahan utamanya.

"Tidak ada bedanya, yang membedakan hanya bahasa orang Manado menyebutkan itu sambal roa namun orang Gorontalo menyebutkan itu sambal sagela. Ikan roa kan cuma terdapat di Manado, Gorontalo dan Ambon," papar Stenly

Baca juga: Pada Zaman Perang, Sambal Digunakan untuk Doping dan Vitamin Para Tentara

Stenly menekankan bahwa kedua sambal itu sama dan tidak memiliki perbedaan yang signifikan. Hanya bahasa setiap masyarakat Manado dan Gorontalo memanggilnya sesuai bahasa daerah masing-masing.

"Cara membuatnya sama, bahan yang dibutuhkan untuk membuat sambal itu semunya sama, tidak ada bedanya. Hanya orang Manado dan Gorontalo yang berbeda menyebutnya" ungkapnya.

Stenly juga membagikan cara mudah mengolah sambal sagela. Jika sudah memiliki ikan roa yang sudah di asap hingga kering.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X