Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Air Terjun di Bogor untuk Liburan Akhir Pekan

Kompas.com - 14/09/2019, 07:00 WIB
Albert Supargo,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Di Bogor, kamu bisa menemukan belasan hingga puluhan curug (air terjun) untuk dikunjungi. Suasana yang sejuk, suara gemericik air dan bebatuan yang indah menjadi candu untuk segelintir wisatawan pecinta alam.

Jaraknya yang dekat membuat beberapa curug ini masih dapat dicapai pulang-pergi dari Jakarta. Dilansir dari berbagai sumber, KompasTravel menyajikan 10 wisata air terjun di Bogor untuk akhir pekan.

1. Curug Cikaracak

Berwisata di Bogor kurang lengkap bila tidak datang ke curug satu ini. Air terjun ini berada di kaki Gunung Gede, tepatnya di Dusun Cibeling, Desa Cinagara, Kecamatan Caringin, Kabupaten Bogor.

Lokasinya yang terapit oleh dua tebing membuat curug satu ini memiliki permandangan yang beragam. Kamu bisa melihat sawah, sungai, kebun, dan curug dalam satu pandangan mata.

Akses menuju ke curug ini cukup mudah, kamu bisa membawa kendaraan roda empat maupun roda dua sampai Dusun Cibeling dilanjutkan dengan trekking sejauh 2,5 km menuju Curug Cikaracak.

2. Curug Luhur

Curug ini menjadi salah satu jajaran obyek wisata di kaki Gunung Salak, tepatnya di Desa Ciapus, Kecamatan Ciomas.

Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 62 meter dari permukaan tanah. Uniknya, obyek wisata air terjun disulap menjadi waterboom indah nan asik.

Harganya cukup terjangkau, setiap pengunjung yang masuk akan dikenakan biaya sebesar Rp 40.000. Untuk kendaraan roda dua tarif parkir dipatok Rp8.000 sedangkan roda empat dikenai Rp 20.000. 

3. Curug Cilember

Di daerah Cisarua, tepatnya di Jalan Raya Puncak, Megamendung, Desa Cilember ada Curug Cilember.

Berada di ketinggian sekitar 1.000 meter di atas permukaan air, kamu bisa mendapatkan permandangan indah di puncak curug ini. Letaknya yang berada di dalam hutan tropis menciptakan udara yang sejuk di sekitar curug.

Curug yang satu ini menghadirkan tujuh buah air terjun berlokasi di spot yang berbeda-beda dan tentu dengan ketinggian yang beragam.

Biaya masuk ke tempat ini dipatok seharga Rp 25.000 per kepala. Curug ini terbuka untuk pengunjung dari jam 08.00-21.30 WIB.

4. Curug Seribu

Untuk kamu pencinta petualangan, Curug Seribu ini bisa jadi salah satu pilihanmu. Pasalnya, medan yang terjal dan jalan licin menunggu kamu para pengunjung curug ini. Pertunjuk arah juga masih minim, tidak jarang beberapa wisatawan tersesat di area curug ini.

Air terjun ini terletak di area Gunung Sari, Kecamatan Pamijahan. Memiliki tinggi sekitar 100 meter, air terjun satu ini terkenal dengan medannya yang berat dan curahan air yang luar biasa.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com