Seperti Apa Sambal Goreng yang Digemari Oleh BJ Habibie?

Kompas.com - 14/09/2019, 08:00 WIB
sambel goreng ati olahan rumah makan Sari Bundo. sari bundosambel goreng ati olahan rumah makan Sari Bundo.


JAKARTA, KOMPAS.com - Selain ayam goreng garing, BJ Habibie sering menyantap sambel goreng ati khas dari Rumah Makan (RM) Padang Sari Bundo sebagai pendamping memakan ayam goreng kesukaannya. Sambel goreng tersebut berbeda dengan sambel goreng di rumah makan Padang lainnya.

Baca juga: Bisa Habiskan 18 Potong Ayam Goreng, Ini RM Padang Favorit BJ Habibie

Rizal, salah satu pramusaji yang sering melayani BJ Habibie saat mampir ke RM Padang Sari Bundo yang terletak di Jalan Juanda No.27 menyatakan bahwa Presiden Indonesia ketiga itu gemar menghadirkan sambal goreng ati sebagai makanan pendamping saat menyantap ayam goreng garing.

"Isinya ada pete, sambel yang dihaluskan bersama bumbu-bumbu lain terus digoreng, lalu masukkan isinya ada ati ada rempelanya, dan ada leher ayam yang sudah di goreng garing" ujar Rizal saat ditemui KompasTravel di Jakarta.

Ia menjelaskan bagaimana Bapak Teknologi Indonesia itu menyantap dengan lahap ayam goreng garing beserta sambel gorengnya.

"Kalo sama ayam goreng biasanya pake sambel goreng. Sama pete-petenya dimakan. Itu yang paling sering seperti itu" ujar Rizal saat diminta mendeskripsikan kenangan bersama BJ Habibe.

Baca juga: Kenangan Pramusaji Rumah Makan Padang Sari Bundo tentang BJ Habibie

"Kalau dia sukanya ayam goreng, bagian paha kalau dulu sebelum sakit ayam goreng bisa 18 potong, bagian paha dihabiskan sendiri. Nasinya dikit-dikit, memang Bapak paling suka ayam goreng itu dan paling suka bagian paha. Ayamnya kalo pas panas-panasnya itu langsung lahap makannya Bapak" lanjut Rizal.

Laki-laki yang merantau dari Padang ke Jakarta sejak tahun 1977 ini menjelaskan apa yang membedakan sambel goreng ati RM Sari Bundo dengan rumah makan Padang lainya.

"Ini (sambel goreng) berbeda dengan sambel pete rumah makan lainnya. Isinya ada pete, sambel sama bumbu-bumbu yang dihaluskan terus digoreng, ada ati ada rempelanya, dan ada leher ayam yang sudah digoreng garing" paparnya.

Keunikan dari sambel goreng ini adalah dimana terdapat potongan leher ayam yang di goreng hingga garing dan renyah. Di samping itu juga ada pete yang memiliki tekstur sedikit keras sehingga ketika dikunyah menghadirkan sensasi renyah tersendiri. Terakhir terdapat rempela dan ati yang digoreng.

"Lehernya digoreng biasa seperti ayam goreng garing dan sampai kriuk-kriuk setelah itu dicampurkan dengan sambel yang sudah digoreng. lalu juga dimasukan pete yang muda dan ati rempela" ungkap Rizal.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X