8 Obyek Wisata di Yogyakarta yang Pas untuk Melihat Sunset

Kompas.com - 14/09/2019, 09:00 WIB
Matahari terbenam di atas lautan dilihat dari Tanjung Kesirat, Yogyakarta. KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYAMatahari terbenam di atas lautan dilihat dari Tanjung Kesirat, Yogyakarta.

Gw KOMPAS.com – Bulan September masih merupakan waktu terbaik untuk melihat sunset di Yogyakarta. Itu karena cuaca musim kemarau cenderung cerah sehingga ufuk barat akan terlihat ketika momen matahari terbenam.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Malam Murah di Yogyakarta, Paling Mahal Hanya Rp 3.000

Yogyakarta pun memiliki banyak obyek wisata yang menyajikan keindahan panorama sunset. Bisa dibilang menikmati keindahan sunset sangat mudah dilakukan saat berkunjung ke Yogyakarta.

Berikut ini adalah 7 obyek wisata Yogyakarta.

1. Tanjung Kesirat, Gunungkidul

Menikmati keindahan matahari terbit di tepi laut tentu merupakan aktivitas menarik untuk dilakukan. Keindahan itu pun kian tersaji di pesisir selatan Yogyakarta, salah satunya adalah Tanjung Kesirat yang ada di Kabupaten Gunungkidul.

Keindahan Matahari Terbenam di Tanjung Kesirat, Gunungkidul, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Keindahan Matahari Terbenam di Tanjung Kesirat, Gunungkidul, Yogyakarta.

Obyek wisata ini bukanlah pantai pasir seperti Parangtritis, melainkan terdiri dari tebing vertikal yang ada di tepi laut. Meski demikian, hal itu malam membuat lanskap Tanjung Kesirat begitu eksotis.

Saat sore hari yang cerah, wisatawan akan disajikan oleh keindahan panorama matahari terbenam di ufuk barat. Jika cuaca benar-benar cerah, matahari akan terlihat seolah tenggelam di lautan.

2. Laut Bekah, Gunungkidul

Masih di tepi laut. Kali ini obyek wisata bisa dibilang cukup terpencil sehingga pas bagi mereka para pencinta ketenangan. Laut Bekah menjadi nama obyek wisata ini. Lokasi Laut Bekah berada di Desa Giripurwo, Kecamatan Purwosari, Gunungkidul.

Keindahan matahari terbenam dilihat dari Laut Bekah, Gunungkidul, Yogyakarta.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Keindahan matahari terbenam dilihat dari Laut Bekah, Gunungkidul, Yogyakarta.

Sama dengan Tanjung Kesirat, Laut Bekah bukanlah pantai pasir. Lanskap obyek wisata ini terdiri dari tebing vertikal yang berbatasan dengan lautan. Wisatawan pun bisa menikmati gagahnya tebing tepi laut yang begitu memukau.

Baca juga: Tanjung Kesirat, Tempat Terbaik Menikmati “Sunset” di Gunungkidul

Wisatawan akan disuguhkan dengan keindahan matahari terbenam di ufuk barat. Itu karena sisi barat Laut Bekah yang terbuka sehingga momen sunset bisa disaksikan dengan menawan saat cuaca cerah.

3 Puncak Kayangan Surocolo, Bantul

Tidak mesti berkunjung ke tepi laut untuk bisa menyaksikan indahnya sunset yang berpadu dengan lautan. Panorama itulah yang tersaji di obyek wisata bernama Puncak Kayangan yang ada di Desa Seloharjo.

Sunset dari Puncak Kayangan (Goa Jepang Pundong), Bantul.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Sunset dari Puncak Kayangan (Goa Jepang Pundong), Bantul.

Puncak Kayangan Surocolo memang berada 2,5 kilometer dari pesisir selatan Yogyakarta. Namun, keindahan laut selatan masih bisa disaksikan dengan begitu indah dari ketinggian.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X